BMKG: Sulsel Aman dari Gempa Bumi

Makassar – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memastikan rambatan dari gempa bumi yang mengguncang beberapa wilayah Jawa Barat, Jumat (15/12) malam tadi tidak sampai ke wilayah Sulawesi Selatan.

BMKG Wilayah IV Makassar menghimbau kepada seluruh Masyarakat Sulawesi Selatan untuk tidak mengkhawatirkan dampak dari gempa bumi yang terjadi di Jawa Barat.

“Rambatan Gempa yang terjadi di Jabar itu tidak sampai ke wilayah Sulsel karena sampai saat ini tidak ada getarannya,” jelas Kepala Bidang Pelayanan Jasa BMKG Wilayah IV Makassar Tiswanto, Sabtu, 16 Desember 2017.

Baca juga :   Bahaya Narkotika Flakka

Kalaupun terjadi gempa di Sulsel, lanjutnya itu akibat pergeseran lempengan di wilayah Sulawesi Selatan itu sendiri. Di mana, di wilayah Sulawesi Selatan mempunyai satu patahan yang dianggap masih aktif yakni daerah Walanae, Wilayah Luwu Raya.

“Jadi, untuk dampak gempa di Jawa Barat tidak sampai di Sulsel. Saat ini kita hanya antisipasi curah hujan saja karena Sulsel memang kondisinya musim hujan dan curah hujan kita akan meningkat pada bulan Januari nanti,” tutur Tiswanto.

Baca juga :   Adelaide United: Semoga Permainan Kami Menghibur

Sebelumnya diketahui, sekira pukul 23:47:58 WIB warga dikagetkan dengan gempa bumi dengan kekuatan M=6.9 Skala Richter dan episenter terletak pada koordinat 7.75 LS dan 108.11 BT, tepatnya pada jarak 11 Km Barat Daya, Tasikmalaya, Jawa Barat pada kedalaman 107 KM.

Hingga saat ini warga Jawa Barat dan sekitarnya pun masih saja was – was karena dikhawatirkan adanya gempa susulan yang lebih dahsyat. (*)

Baca juga :   Ledakan Mapolsek Diduga Akibat Lemparan Molotov

Penulis Suharlim Syamsuddin