Bimtek Master Plan Makassar Sombere dan Smart City

Bimtek Pemkot Makassar [Foto: Sriwati Ilyas]

Kabar Makassar– Sejumlah OPD kota Makassar ikuti Bimbingan teknis Maste Plan Makassar Sombere dan Smart City tahap 2 dan 3 di Hotel Asyra Makassar, yang berlangsung Senin hingga Rabu 2-4 Oktober 2017.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Diskominfo yang bekerjasama dengan pemerintah kota ini dalam rangka penyusunan master plan dan Quick Win Gerakan Menuju 100 Smart City.

Bimtek tersebut dihadiri oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kota Makassar.

Baca juga :   Hari Pahlawan, Jangan Lalui Jalan-jalan Ini

Staf Ahli Bidang Hukum, Azis Hasan yang mewakili Wali Kota Makassar dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk menyelesaikan tantangan diperlukan pengembangan inovasi dalam pengembangan sektor unggulan daerah berbasis data terintegrasi dan berkolaborasi diantara beberapa sektor yg ada.

“ini dalam rangka untuk menyelesaikan tantangan dan persoalan perkotaan yang memerlukan strategi dan pendekatan yang komprehensif, inklusif, efektif dan efesien,” katanya.

Baca juga :   Walikota Makassar Menggandeng Pemuda dan Mahasiswa Lebih Berperan Aktif

Selain itu, pembangunan smart city telah menjadi tren dalam pembangunan kota di dunia yg harus di adaptasi oleh daerah/kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Pembangunan smart city tidak sekadar untuk mengedepankan efisiensi birokrasi dengan memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi. Dimana sarana TIK menjadi faktor pendukung dalam pembangunan masyarakat.

Ia juga menyebutkan bahwa Program smart city oleh pemerintah kota Makassar adalah sebauh solusi agar Makassar menjadi lebih baik. Program smart city kota Makassar menjawab tantangan perubahan, mengetahui permasalahan yang ada serta dapat mengukur sumber daya yang ada untuk digunakan secara efektif.

Baca juga :   Hari Ke-15 Pelaku Bom Polsek Masih Misterius, Begini Tanggapan Aktivis GAM

Penulis: Sriwati Ilyas

[divider sc_id=”sc834349307053″]divider-3[/divider]