News

BI Distribusikan Rp 1 Triliun Uang Kecil Untuk Ditukarkan

BI Distribusikan Rp 1 Triliun Uang Kecil Untuk Ditukarkan

Kabar Makassar ----- Memasuki pertengahan bulan suci ramadhan, Bank Indonesia menyiapkan setidaknya Rp 1 triliun pecahan uang kecil untuk ditukarkan.

Loket penukaran pecahan uang kecil dibuka sejak tanggal 5 hingga 22 Juni 2017, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan penggunaan uang kecil masyarakat.

"Sebenarnya ini dimulai dari tanggal 5 sampai tanggal 22 nanti. Dan kita lakukan untuk pemenuhan uang kecil untuk masyarakat menjelang lebaran, mungkin dengan adanya kegiatan ini mudah mudahan uang yang beredar ke masyarakat lebih bagus dan layak edar," kata Koordinator Lapangan BI M.irfan wahyudi. Kamis 8 Juni 2017.

Hingga hari ke empat pelaksanaannya pihak BI menyiapkan sekira Rp 500 juta untuk setiap bank.

"Jadi ada tujuh bank yang hitungannya itu Rp 3 miliar untuk tujuh bank yang ada, setiap bank kita kasi Rp 500 juta perhari, dan Ini sudah hari ke empat jadi sudah ada 14 miliar pecahan uang kecil yang keluar," tambahnya.

Ia melanjutkan, bahwa antusiasme masyarakat yang melakukan penukaran uang kecil rata rata pada pecahan Rp 10.000, Rp 5000, Rp 2000, dan Rp 1.000.

"Yang paling diminati oleh masyarakat itu rata rata uang Rp 5 ribu dan pecahan kecil lainnya, sedangkan pecahan 20 ribu ke atas itu masih kurang mungkin karena nominalnya yang masih agak besar," tandasnya.

Sedangkan untuk sistem penukaran, ia menjelaskan bahwa pihaknya melakukan sistem pendaftaran bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran pecahan uang kecil.

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi praktek perjokian yang kian marak menjelang hari raya Idul Fitri.

"Persyaratannya itu signifikan, yang jelas itu penukar membawa uang yang akan ditukarkan kemudian mengambil nomor antrian di loket yang kita siapkan, dan kita batasi penukaran untuk setiap orang itu
maksimal Rp 5 juta. Kita juga buat daftar hadir agar tidak ada yang double untuk menghindari calo," jelasnya.

Demo

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close