Besok, Kapal Pesiar yang Ditolak Sandar di Palopo dan Bulukumba Tiba di Makassar

Kapal Pesiar Coral Adventure. (INT)

KabarMakassar.com — Kapal pesiar asal Australia, Coral Adventure yang sebelumnya sempat ditolak untuk bersandar di Palopo dan Bulukumba, direncanakan bakal tiba di Makassar, Rabu (11/3) besok.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Rahmatullah yang dikonfirmasi, membenarkan hal tersebut.

“Akan sandar, mungkin besok siang tiba. Tapi tidak bisa langsung sandar, karena itukan ada prosedurenya. Nantinya bisa sandar atau tidak, itu tergantung hasil pemeriksaan kesehatan dari Kantor Kesehatan pelabuhan,” kata Rahmatullah, saat dihubungi via telepon selulernya, Selasa (10/3).

Rahmatullah menjelaskan, sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku pada umumnya, kapal pesiar tersebut tak bisa langsung sandar di Pelabuhan Makassar.

Setelah tiba di perairan Makassar, kata dia, kapal tersebut terlebih dahulu harus berlabuh di jarak 2 mil dari Pelabuhan Makassar.

“SOP itu standar dan dimana-mana sama. Dia datang berlabuh, kemudian semua awak dan penumpang kapal diperiksa oleh tim kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Kalau ada suspect (Corona/Covid-19) di atas, tidak ada yang boleh turun, kecuali yang sakit itu langsung di bawa ke Rumah Sakit,” jelasnya.

Sekadar diketahui, berdasarkan informasi yang dihimpun, kapal pesiar Coral Adventure Cruise ini mengangkut puluhan turis asal Australia. Sebelumnya, penolakan kapal ini untuk bisa bersandar di Palopo dan Bulukumba dikarenakan kekhawatiran pemerintah dan masyarakat di daerah tersebut terkait penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Reporter :

Editor :

Redaksi

Daus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI