Bertambah 1 Orang, Sudah 2 Pasien Positif Covid-19 Asal Pinrang Dinyatakan Sembuh

Ilustrasi - INT

KabarMakasar.com — Jumlah pasien Covid-9 asal Kabupaten Pinrang yang dinyatakan sembuh bertambah 1 orang. Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Pinrang, drg. Dyah Puspita Dewi, Sabtu (2/5).

Dengan begitu, dari total kumulatif pasien positif Covid-19 asal Pinrang yang jumlahnya sebanyak 5 orang, sejauh ini sudah 2 orang yang dinyatakan sembuh. Sementara 3 lainnya masih dinyatakan positif dan menjalani perawatan.

“Seorang pasien yang beberapa waktu lalu dinyatakan positif, menunjukkan hasil negatif dari 2 kali swab tes yang dilakukan,” kata Dyah.

“Hal ini patut disyukuri, namun masyarakat haraus tetap disiplin melakukan semua imbauan pemerintah sambil terus berdoa agar pandemi Covid-19 ini cepat berlalu,” sambungnya.

Meski telah dinyatakan sembuh, kata dia, pasien tgersebut tetap diharuskan untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

“Ini untuk meningkatkan imunitas tubuh si pasien yang bersangkutan,” jelasnya.

Lebih jauh Dyah mengatakan, sebenarnya dari total 4 spesimen yang dikirimkan untuk dilakukan pemeriksaan (uji swab) di balai Besar laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar. Hasilnya, 2 dinyatakan negatif dan 2 masih positif.

“Hanya saja, 1 dari 2 pasien positif yang hasil swabnya dinyatakan negatif itu baru melakukan tes sebanyak 1 kali. Sehingga walaupun dinyatakan negatif, masih perlu dilakukan tes lagi untuk meyakini bahwa yang bersangkutan benar-benar bebas dari paparan Covid-19,” terangnya.

Dewi menambahkan, selain adanya tambahan pasien positif Covid-9 yang dinyatakan sembuh, warga Pinrang berstatus PDP yang meninggal di RSUD Andi Makkasau Parepare pada Rabu (29/4) lalu juga dipastikan negatif Covid-19.

“Pasien yang berstatus PDP dengan alamat di KTP asal Kabupaten Pinrang yang beberapa hari lalu meninggal dunia di RSUD Andi Makkasau Parepare dinyatakan negatif Covid-19,” ujar Dyah.

“Hasil ini dikuatkan dengan hasil uji PCR dari sampel yang diambil dari tubuh pasien tersebut. Dari hasil swab yang dilakukan di BBLK Makassar, pasien yang semula diduga terpapar Covid-19 itu dinyatakan negatif,” pungkasnya.

Reporter :

Editor :

Firdaus

Redaksi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI