Berita Permainan Rakyat “Mattojang”

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo [Foto: Imran Arief]
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kabar Makassar– Masyarakat Sidenreng rappang menampilkan Permainan rakyat “Mattojang” di Rumah jabatan Gubernur Sulsel. Rabu, 18 Oktober 2017.

Penampilan Permainan Rakyat ( Mattojang) ini, menjadi salah satu rangkaian dari Gemilang HUT Sulsel 348. Mattojang merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan masyarakat Sidrap dalam mensyukuri hasil panen yang mereka hasilkan.

Mattojang dilakukan dengan cara seseorang naik ke atas ayunan yg dibuat dari kayu jati. Kemudian beberapa orang memukul “palungan” dengan “alu” sehingga menghasilkan suara yang enak untuk didengar. Palungan terbuat dari kayu, begitupun dengan alu. Sehingga ketika dipukul, dapat menghasilkan suara yang cukup keras. Dengan keahlian dan pengalaman para penumbuk “palungan”, sehingga bunyi dari “palungan” dan “alu” menjadi sinkron.

Pada penampilan “Mattojang” Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo yang sempat mencoba menaiki ayunan yang telah disediakan. Tampaknya Syahrul YL sangat menikmati permainan ini. Hal itu terlihat dari tawa lepas Syahrul Yasin Limpo.

“Bagus sekali permainan seperti ini. Semoga budaya yang begini, bisa terus dilestarikan. Kata Syahrul Yasin Limpo usai mencoba ayunan “Mattojang”,” katanya.

Penulis: Nur Marwah Yuwa

[divider sc_id=”sc135100999728″]divider-3[/divider]

 

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.