Berikut Nama-nama Jalan Baru di Kota Makassar

nusa.indopos.co.id
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kabar Makassar– Pemkot Makassar melalui Surat Keputusan (SK), resmi menetapkan perubahan beberapa nama jalan di Kota Makassar. Surat Keputusan tersebut ditandatangani langsung oleh Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto dan disertakan stempel resmi pemkot Makassar, Selasa 24 Oktober 2017 lalu.

Dua nama jalan di Kota Makassar yang resmi berubah diantaranya adalah Jl Landak Baru menjadi Jl Andi Djemma dan Jl Kakatua menjadi Jl Padjonga Dg Ngalle.

“Perubahan nama ini tindaklanjut dari rekomendasi DPRD Makassar sejak 2016 lalu. Juga merespon aspirasi masyarakat sekaligus bentuk penghargaan kepada kedua pahlawan tersebut,” ujar Umar selaku Kabag Hukum Pemkot Makassar.

Nama Andi Djemma sendiri diambil dari nama salahsatu Raja Luwu yang juga telah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional pada 8 November 2002 lalu.

Sementara nama Padjonga Dg Ngalle adalah Karaeng (Kepala Pemerintahan Distrik) Polong Bangkeng, Kabupaten Takalar, yang telah dianugerahi gelar Pahlawan Nasional dengan Keputusan Presiden RI Nomor: 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006 lalu.

Keputusan tersebut mendapat respon positif dari sejumlah tokoh masyarakat dan pemerintahan kota/kabupaten se-Luwu Raya serta Pemkab Takalar.

“Alhamdulillah kami ucapkan terima kasih atas perhatian Walikota Makassar terhadap nama pejuang Tana Luwu yang diabadikan sebagai nama jalan di ibukota provinsi Sulsel,” ujar Mudzakkar yang akrab disapa Andi Cakka yang juga merupakan mantan Bupati Luwu periode 2009-2014 lalu.

Bupati Takalar terpilih, Syamsari Kitta, juga tak lupa memberi apreisasi. “Kami Bangga. Ini adalah penghormatan kita semua kepada Pahlawan Nasional, Padjonga Dg Ngalle yang lahir dan wafat di Takalar,” katanya.

Adapun beberapa nama-nama jalan di ruas kota Makassar yang telah berubah yakni:

1. Jl Racing Centre menjadi Jl Prof Basalamah
2. Jl Gunung Bulusaraung menjadi Jl Jenderal M Jusuf
3. Jl Metro Tanjung Bunga menjadi Jl HM Dg Patompo
4. Jl Hertasning Baru menjadi Jl Aroeppala
5. Jl Irian menjadi Jl Wahidin Sudirohusodo

Foto: Int.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.