News

Berdiri Sejak 1915, PSM Tak Lolos Verifikasi AFC

Berdiri Sejak 1915, PSM Tak Lolos Verifikasi AFC

Kabar Makassar-- Klub kebanggaan kota Makassar, PSM Makassar tak memenuhi syarat dari verifikasi klub profesional dari standar AFC atau piala AFC dimana ajang tersebut merupakan kompetisi sepak bola internasional tahunan antara klub se-Asia yang diselenggarakan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Kompetisi ini tersebut adalah kompetisi antarklub tertinggi kedua di Asia setelah Liga Champions AFC.

Setidaknya ada 33 syarat yang harus dipenuhi klub yang berdiri tahun 1915 tersebut. Namun dikatakan dari hasil sidang Komite Lisensi klub PSSI, masih ada 20 persen yang belum diselesaikan PSM Makassar. Sehingga klub tersebut tidak lolos verifikasi klub professional sesuai standar AFC.

Untuk diketahui jika AFC sudah menyatakan dua klub Indonesia yang dinyatakan pasti lolos yaitu, Persib Bandung dan Arema FC. Sementara tiga klub lainnya siap membenahi persyaratan yang belum lengkap yakni, Madura united, Persija Jakarta, dan Bali United.

Sejak 26 Oktober 2017 lalu, induk olahraga sepakbola Indonesia, PSSI resmi mengumumkan hasil verifikasi tingkat AFC dimana sepakbola negeri ini telah kembali diakui oleh FIFA dan turut serta dalam berkompetisi di ajang antarklub Asia.

Lima klub dianggap lolos verifikasi. Dua klub termasuk ke Kategori A dan tiga lainnya masuk Kategori B.

Kategori A yang dianggap sudah mengantungi lisensi AFC tanpa harus ditinjau ulang lagi adalah Arema FC dan Persib Bandung. Sedangkan kategori B berisikan Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta.

Klub-klub yang termasuk ke Kategori B ini belum seratus persen aman. Mereka harus melengkapi beberapa kriteria lain dalam waktu tiga bulan (sampai Januari 2018) agar bisa dinyatakan lolos verifikasi. Jika tidak, lisensi yang telah diperoleh terpaksa harus dicabut kembali.

Hasil ini juga merupakan gambaran kasar bahwa tiga klub calon penghuni tiga besar, yaitu PSM Makassar, Bhayangkara FC, dan Persipura Jayapura, tak berhak mewakili Indonesia di kompetisi antarklub AFC musim depan. Jika salah satu dari ketiganya finis di posisi tiga besar, jatah akan dialihkan ke penghuni posisi klasemen di bawah mereka.

Sementara itu manajemen PSM Makassar dikabarkan akan mengajukan banding. Dimana Media Officer (MO) PSM Makassar mengaku telah menerima SK (Surat Keputusan) dari PSSI terkait penolakan permohonan lisensi klub. Di surat tersebut oleh Club Licensing Committee, PSM dipersilakan untuk melakukan banding terhadap keputusan yang dinyatakan tak lolos Verifikasi AFC.

"Seperti yang pernah kami sampaikan dirilis sebelumnya, dari 33 syarat wajib, masih ada dokumen yang belum di-submit ke sistem kurang lebih 20 persen dan ini yang kami lengkapi disisa waktu yang diberikan," kata Wina.

Wina menambahkan jika dalampengiputan data oleh tim licensing PSM Makassar mengalami mis-komunikasi dalam memahami syarat. Hal inilah yang mengakibatkan ada beberapa kriteria yang masuk kategori wajib mendapat penolakan.

Selain itu CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin mengaku kecewa dengan hasil verifikasi AFC yang membuat timnya tak lolos. Untuk itu pihaknya akan melakukan banding. "Ya kita kecewa, apalagi saat ini kita ada di puncak klasemen sementara"singkatnya.

Untuk diketahui jika AFC telah menetapkan lima aspek penilaian yang harus dipenuhi klub. Kelima aspek tersebut, yakni adalah legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, serta sporting (pembinaan usia dini). Berdasarkan semua indikator tersebut.

Setidaknya kelima klub yakni, Arema FC, Persib Bandung, Madura United, Bali United dan Persija Jakarta sudah dinyatakan paling layak. Sementara PSM Makassar belum bisa dinyatakan lolos. Padahal, saat ini Hamka Hamzah dkk berpeluang untuk menjadi juara di Liga 1 musim ini.

Fritz Wongkar

Journalist

Pewarta yang telah mengantongi sertifikat Jurnalis Muda dari Dewan Pers. Aktif menulis sejak 2011.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: