Belajar dari Kasus Allea Ramadhanti

Belajar dari Kasus Allea Ramadhanti

Belajar dari Kasus Allea Ramadhanti

Kabar Makassar-- Diskusi mingguan KabarMakassar.com yang mengangkat tema "Kasus Kematian Bocah Allea Ramadhanti" di kolam renang Hotel Grand Clarion Makassar pada awal Oktober lalu mengisahkan banyak duka dan tanda tanya.

Pasalnya hingga seminggu insiden bocah Allea Ramadhanti (4 tahun) berlalu, belum diketahui pasti penyebab kenapa bocah Allea bisa berada di kolam dewasa ? Dan penanganan bocah Allea saat diangkat dari kolam juga dinilai salah, lalu kemudian akomodasi yang digunakan pihak keluarga untuk mengantar Allea ke Rumah Sakit dengan becak motor (bentor) juga menjadi perbincangan di kalangan masyarakat.

Oleh sebab itu dengan menghadirkan tiga pembicara dari berbagai unsur seperti Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sulsel, dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar. KabarMakassar.com berharap melalui diskusi ini dapat memperkaya wawasan jurnalis atau wartawan dalam mengolah berita serta bagaimana memperbanyak data dalam membuat laporan utama.

Pada diskusi yang berlangsung di kantor Redaksi KabarMakassar.com, berbagai pandangan pun diututurkan oleh para pembicara terkait kasus Allea Ramadhanti serta instansi instansi yang dianggap lalai dalam insiden tersebut.

Ketua LPA Sulsel, Fadiah Mahmud dalam melihat kasus ini berpandangan jika hal tersebut dibenturkan dengan perlindungan anak dan trend yang sering digaungkan oleh pemeritah tentang trend lingkungan yang kondusif bagi anak.

"Isu yang menjadi trending topic itu soal sensitifitas dan kewajiban untuk melindungi anak sebagai aset generasi penerus. Insiden insiden diruang publik seperti ini patut dipertanyakan keberadaan orang dewasa karena jika berbicara soal anak, kewajiban dan tanggungjawabnya itu adalah negara, masyarakat serta orang tua. Kemudian secara normatif, konfensi hak anak yang memayungi perlindungan anak itu ada," jelas Fadiah. Sabtu 7 oktober 2017.

Kemudian melihat dari sisi instansi terkait, apakah dilokasi tersebut menyediakan informasi atau fasilitas yang cepat tanggap jika terjadi hal seperti yang dialami oleh Allea Ramadhanti, dan seperti apa standarlisasi operasional keamanan bagi pengunjung. Pertanyaan pertanyaan ini kemudian menjadi bahan pertimbangan untuk disampaikan ke masyarakat melalui media.

Senada akan hal tersebut, pihak LBH Makassar, A. Sunarno juga mengungkapkan hal yang sama. Sunarno berpandangan, dalam kasus Allea Ramadhanti ada indiksi kelalaian, kealpaan dan ketidakhati-hatian yang berakibat fatal.

"Mengingat mereka ini kan baru di Makassar jadi pasti tidak tau bagaiman kondisi hotel, memang ini ada indikasi kelalaian dari pihak hotel ataupun keluarga. Dalam hukum konstruksi atau faktanya, kolam ini harus memiliki informasi dan kualifikasi kualifikasi serta sistem infoemasi yang cepat jika ada hal seperti itu. Ini memang dipandang tidak berbuat kejahatan tapi meraka kan punya tanggungjawab dan antisipasi awal seperti keselamatan siapa yang akan didahulukan melalui penjagaan yangn maksimal," tutur Sunarno.

Tapi, lanjutnya melalui kasus yang menipa bocah Allea tersebut. Setiap instansi dapat melihat dan membuat standar operasional seperti apa yang patut untuk dilakukan atau dijalankan sehingga tidak menimbulkan insien insiden lainnya.

Membenarkan pernyataan dari kedua pembicara, Ketua AJI Makassar, Agam Qodriansyah mengatakan, jika berkaca dari kasus bocah Allea yang kaitkan dengan kondisi kekinian dunia jurnalistik hari ini yang hanya mengedepankan kecepatan pemeritaan suatu peristiwa tanpa advokasi dan konferhensip.

"Peristiwa tenggelam itu sudah sering terjadi di Sulsel, apalagi kasus Allea ini sebenarnya adalah sebuah pintu bagi para jurnalistik untuk mengungkap hal hal yang tidak diketahui oleh masyarakat seperti misalnya bagaimana kolam renang yang ramah bagi anak, berapa kedalaman kolam renang yang layak bagi anak, mana kolam renang yang baik untuk anak, serta para jurnalis bisa menggali SOP life guard yang tenaganya digunakan di area kolam renang," sahutnya.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close