News

Begini Mekanisme Takbir Akbar di Makassar

Begini Mekanisme Takbir Akbar di Makassar

Kabar Makassar--- Sebagai bentuk perayaan jelang Idul Fitri 1438 H/2017 M, Pemerintah Kota Makassar akan menggelar takbir akbar yang berlangsung pada 24 Juni malam nanti.

Di ruang kerjanya Menara lantai 9 Balai Kota, Sekertaris Kota Makassar, Ibrahim Saleh mengatakan peserta takbir akbar wajib diikuti oleh 152 kelurahan.

"Jadi, peserta dikumpul di Jalan Ri Bura'ne kemudian dilepas oleh bapak wali kota baru mereka jalan di masing-masing kelurahan. Nanti finishnya di masing-masing kecamatan juga," jelasnya, Selasa, 20 Juni 2017.

Ibe' sapaan Ibrahim Saleh mengatakan, jika takbir akbar yang dilakukan juga wajib melibatkan partisipasi masyarakat di masing-masing wilayah.

Selain itu, aturan lain yang diberlakukan saat takbir akbar, yakni tidak boleh menggunakan mobil jenisn tronton (truk) agar semua kendaraan dapat dilalui ke dalam lorong (gang) warga.

"Juga tidak boleh menggunakan suara elektronik (rekaman) saat mengumandangkan takbir. Harus manual, karena yang menilai adalah dari Departemen Agama (Depag)," lanjut Ibe'.

Hal lain yang menjadi aspek penilaian Pemkot Makassar, adalah kedisiplinan, kostum peserta, hingga atribut masjid yang akan diarak pada takbir akbar nanti.

Penulis: Marwah
Editor: Dim
Ket. Foto: minangkabaunews.com. [Int.]

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close