Bea Cukai Parepare Bukukan Penerimaan Over Target di Tahun 2019

Kepala Kantor Pelayanan Bea Cukai Parepare, Nugroho Wigijarto menjelaskan realisasi capaian penerimaan itu terdiri dari beberapa komponen.

Kabarmakassar.com — Kantor Pelayanan Bea Cukai Parepare membukukan penerimaan negara lewat dari target yang ditentukan. Akhir Desember 2019, penerimaan negara dari bea cukai Parepare menyentuh Rp99 miliar. Angka tersebut terealisasi 124 persen dari target awal Rp79 Miliar.

Kepala Kantor Pelayanan Bea Cukai Parepare, Nugroho Wigijarto menjelaskan realisasi capaian penerimaan itu terdiri dari beberapa komponen.

“Diantaranya, Bea Masuk Rp80,9 miliar, Bea Keluar Rp829 juta, dan Cukai Hasil Tembakau Rp17,3 miliar. Angka tersebut mencapai dua kali lipat lebih dari tahun lalu,” papar Nugroho, Selasa (14/1).

Selain itu, Nugroho juga memaparkan tegahan hasil tembakau yang dilakukan Bea Cukai Parepare selama tahun 2019 yaitu sebesar 3,3 miliar batang dengan perkiraan nilai Rp2,3 miliar. Angka tersebut merugikan negara sebesar Rp 2,4 miliar.

“Kita kedepan akan melakukan edukasi dan atensi kepada pengusaha rokok, agar meningkatkan kepatuhan terkait bea cukai. Agar bisa mengenali rokok ilegal beserta sanksinya.

Senada dengan Kasi Penyuluhan, Suparji menuturkan akan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait rokok ilegal.

“Program Gempur Rokok Ilegal akan kita lanjutkan. Kita tidak akan mengendurkan upaya untuk pengawasan bea cukai,” ujar dia.

Sekadar diketahui, tahun 2020 pemerintah mematok target penerimaan bea dan cukai dalam APBN sebesar Rp 221,9 triliun.

Reporter :

Editor :

Ardiansyah

Fritz V Wongkar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI