Bangun Komunikasi dan Buat Aturan Hindarkan Anak Dari Narkoba

kendaripos.fajar.co.id

Kabar Makassar— Sebagai pembatas pergaulan anak agar tak terjerumus ke lingkaran narkoba, orang tua harusnya membangun komunikasi dan membuat peraturan dalam rumah.

Dengan begitu anak bisa merasa lebih nyaman, tanpa harus membuat anak merasa terkekang dan merasa kurang kasih sayang yang seharusnya didapatkan dari orangtua.

Peraturan dalam rumah yang telah dibuat juga harus dimengerti dan dipahami oleh anak dan bagi yang melanggar hendaknya diberikan hukuman sesuai dengan kesepakatan untuk memberi efek jerah pada anak sehingga anak tak mau lagi melakukan pelanggaran.

Baca juga :   SYL Serahkan Dana Hibah 128 M Ke Kapolda, Untuk Apa ?

Selain membuat peraturan dalam rumah, sebagai pengawasan juga orangtua perlu melakukan kontrol pada anak semisal jika anak bepergian keluar rumah hendaknya orangtua mengetahui dan bertanya dengan siapa teman si anak keluar, kemana tujuanya dan sampai jam berapa ia ingin menghabiskan waktu diluar rumah sehingga anak juga merasa mendapat perhatian khusus.

Baca juga :   Isi Libur, SYL Kunjungi Stadion Barombong

Sekalipun orangtua telah menerapkan kontrol yang penuh terhadap anak namun jangan melupakan untuk berdialog pada anak,dengan bertanya kegiatan apa saja yang telah dilakukan seharian bersama teman sekolah ataupun teman sebayanya di lingkungan rumah tempat tinggal.

Hal tersebut mampu menekan pengaruh negatif yang didapatkan anak dari pergaulan lingkungan sehingga mampu terhindarkan dari masalah narkoba yang sangat sulit diselesaikan sendiri pada anak.

Baca juga :   RPJMD 2013 - 2018, APBD Sulsel Melonjak

Foto: kendaripos.fajar.co.id

[divider sc_id=”sc227068938776″]divider-3[/divider]

[team layout=”4″ staff=”485″ sc_id=”sc960506958867″]