Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Kehidupan

Ilustrasi Siswa Pengguna Narkoba [Foto: Kaltara.prokal.com]

Kabar Makassar– Penyalahgunaan narkotika dan obat obatan terlarang dikalangan generasimua dewasa ini kian meningkat. Maraknya penyimpangan prilaku generasi muda tersebut dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini dikemudian hari.

Pasalnya pemuda sebagai generasi yang diharapkan sebagai penerus bangsa, semakin hari kian rapuh karena digerogoti oleh zat zat adiktif penghancur syaraf, yang berakibat rusaknya mental dan pikiran sehat para kaum muda.

Menurut WHO pada tahun 1982 semua zat padat, cair amaun gas yang dimasukkan kedalam tubuh yang dapat merusak fungsi dan sturuktur tubuh secara fisik maupun psikis tidak termasuk makanan , air dan oksigen dimana dibutuhkan oleh tubuh untuk bertahan.

Baca juga :   Opini: Pergeseran Makna Daeng Dalam Kehidupan Sosial Bugis Makassar

Narkotika sendiri adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau semi sinesis yang dapat menurunkan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi samapi menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Sedangkan psikotropika, adalah zat obat alamiah atau sintesis bukan narkotika yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktifitas mental dan perilaku.

Dan Zat adiktif adalah bahan lain bukan narkotika atau psikotropika yang penggunaannya dapat menimbulkan ketergantungan baik psikologis atau fisik seperi alkohol, rokok, dan cofein.

Baca juga :   Opini canny watae, Registrasi dagelan?

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat obatan terlarang. Sementara nafza merupakan singkatan dari narkotika, alkohol dan zat adiktif lainnya (obat obat terlarang berbahaya yang mengakibatkan seseorang memepunyai ketergantungan terhadap obat obatan tersebut).

Kedua istilah tersebut sering digunakan untuk istilah yang sama meskipun istilah nafza lebih luas lingkungannya.

Narkotika berasal dari tiga jenis tanaman yaitu candu, ganja dan koka.

Baca juga :   Makna Dan Hikmah Idul Fitri

Ketergantungan obat dapat diartikan sebagai keadaan yang mendorong seseorang untuk mengomsumsi obat obatan terlarang secara berulang ulang atau berkesinambungan.

apabila tidak melakukannya dia merasa ketagihan atau sakau yang mengakibatkan perasaan tidak nyaman bahkan perasaan sakit yang sangat peda tubuh (Yusuf, 2004:34).\

Penulis: Tya Putri

[divider sc_id=”sc114264989910″]divider-3[/divider]