Badik, Senjata Bertuah Sulawesi

Badik Senjata Tradisonal Sulawesi [Foto: Int]

Kabar Makassar– Badik atau badek adalah pisau dengan bentuk khas yang dikembangkan oleh masyarakat Bugis dan Makassar. Badik bersisi tajam tunggal atau ganda, panjangnya ada yang mencapai sekitar setengah meter.

Seperti halnya keris, bentuknya asimetris dan bilahnya kerap kali dihaiasi dengan pamor. Namun, berbeda dengan keris, badik tidak pernah memiliki ganja (penyangga bilah).

Badaik tidak hanya terkenal didaerah Makassar saja, tetapi juga terdapat didaerah Bugis dan Mandar dengan nama serta bentuk yang berbeda.

Senjata Badik dahulu sering dipakai oleh kalangan petani untuk melindungi diri dari binatang melata, kadang juga digunakan untuk mmebunuh hewan hutan yang menganggu tanaman.

Baca juga :   Sompe' Budaya Merantau dalam Suku Bugis Makassar

Selain itu, karena orang Bugis dikelan gemar merantau maka penyematan badik dipinggang akan membuat ia (orang bugis) merasa terlindungi.

Badik memiliki bentuk dan sebutan yang berbada beda teragntung dari daerah mana ia berasal. Di Makassar badik dikenal dengan nama badik sari yang memliki kale (bilah) yang pipih, batang (perut) buncit dan tajam serta cappa dan banong (sarung badik).

Semenatara itu Badik Bugis disebut kawali, seperti Kawali Raja (Bone) dan Kawali rangkong (Luwu). Kawali Bone terdiri dari bessi (bilah) yang pipih, bagianujung agak melebar serta runcing.

Baca juga :   Parade Devile Pasukan dan Alutsista TNI

Sedangkan Kawali Luwu terdiri dari Bessi yang pipih dan berbentuk lurus. Kawali memiliki bagian bagian: Pangulu (ulu), bessi (bilah) dan Wanoa (Sarung).

Umumnay badik digunakan untuk membela diri dalam mempertahankan harga diri seseorang atau keluarga. Hal ini didasarakan pada budaya siri’ dengan makna untuk mempertahankan martabat suatu keluarga.

Konsep siri ini sudah menyatu dalam tingkah laku, sistem sosial budaya dan cara berpikir masyarakat bugis.

Selain dari pada itu, ada pula badik yang berfungsi sebagai benda pusaka seprti badik soroso yang memiliki nilai sejarah.

Baca juga :   ‘’Lontarak’’, dari Daun Jadi Tulisan

Adapun macam macam badik yang dikenal oleh masyarakat Sulawesi diantaranya:
1. Badik Raja (Gecong Raja, Bontoala)
2. Badik Lagencong
3. Badik Luwu
4. Badik Lompo Battang (badik siperut besar/jantung pisang)

Berbagi Sumber

[divider sc_id=”sc99132834740″]divider-3[/divider]