Australia-Indonesia Komitmen Perangi Perdagangan Manusia

Australia-Indonesia Komitmen Perangi Perdagangan Manusia

Australia-Indonesia Komitmen Perangi Perdagangan Manusia

Kabar Makassar -- Pemerintah Australia dan Indonesia memperkuat komitmen untuk memerangi perdagangan orang (human trafficking) di Sulawesi Selatan dengan menyelenggarakan acara diskusi bersama mencari solusi hukum penanganan kasus di Makassar pada 11 September 2017. Acara diskusi ini dihadiri oleh Konsulat Jenderal Australia di Makassar, Bapak Richard Mathews, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Andi Murlina, dan segenap perwakilan kepolisian, LSM, dan pemerhati isu trafficking.

Sepanjang tahun 2016, program Kemitraan Australia-Indonesia untuk Keadilan 2 (AIPJ2) menyokong penelitian yang bertujuan untuk memperkuat peran lembaga peradilan dan hukum dalam menangani kasus trafficking di Sulawesi Selatan.

Diskusi satu hari ini bertujuan untuk membahas temuan penelitian serta langkah-langkah solusi yang bisa diambil untuk meningkatkan peran dan koordinasi antar-lembaga dalam meningkatkan penanganan kasus trafficking.

"Kami berharap temuan berbasis bukti penelitian ini mendorong dialog antar pemangku kepentingan, lembaga peradilan, institusi hukum, dan berbagai elemen masyarakat. Sulawesi Selatan adalah pusat pembelajaran yang penting dalam penanganan trafficking," ucap Bapak Richard Mathews dalam kata sambutan di awal diskusi. Australia, tambahnya, mendukung kebijakan pemerintah dan upaya-upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan solusi hukum dalam memberantas jaringan trafficking.

Program pembangunan Australia juga bermitra dengan pemerintah negara-negara ASEAN dalam mendukung sejumlah proyek memberantas perdagangan orang. Melalui program Australia-Asia to Combat Trafficking in Persons (AAPTIP) sejak 2013, Pemerintah Australia memperkuat kapasitas dan proses peradilan pidana dalam penanganan trafficking untuk meningkatkan kesejahteraan kawasan.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close