News

Antisipasi Lonjakan Penumpang, PT Pelindo Operasionalkan Terminal Dua

Antisipasi Lonjakan Penumpang, PT Pelindo Operasionalkan Terminal Dua

Kabar Makassar--- Puncak arus mudik Lebaran 2017 di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar Sulawesi Selatan diprediksi akan terjadi pada H-3 mendatang.

Diprediksi akan terjadi lonjakan penumpang kapal di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Sulawesi Selatan mencapai enam persen dibanding tahun lalu. Jika pada tahun lalu ada sekitar 107 ribu lebih penumpang untuk tahun ini diperkirakan mencapai 114 ribu penumpang.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Pelindo cabang Makassar mulai membuka posko angkutan Lebaran di Pelabuhan Soekarno Hatta, jalan Nusantara Makassar. Posko beroperasi sejak H-10 lebaran pada 10 Juni, hingga H+15 pada 11 Juli mendatang.

Pada tahun ini, Pelabuhan Makassar mulai mengoperasikan terminal hasil renovasi, dengan kapasitas 4 ribu penumpang dalam sekali waktu. Demi kenyamanan, ditempatkan sejumlah fasilitas penunjang seperti koneksi internet gratis, listrik, ruang menyusui, tempat ibadah dan pos pengamanan terpadu.

"Untuk mengantisipasi agar penumpang tidak berdesakan tahun ini serta tidak semberawut, juga sudah dioperasionalkan connecting bridge, yang menghubungkan area komersial bagi pedagang kaki lima dengan terminal pelabuhan, yang menambah kenyamanan penumpang," Kata Anna Maryani asisten manager bidang Hukum dan Humas PT Pelindo cabang Makassar.

Untuk keamanan, Pelindo juga bekerjasama dengan aparat kepolisian termasuk menurunkan anjing pelacak atau k nine.

Selain itu di lantai 1 dan lantai 2 ruang tunggu terminal satu dan dua terdapat 36 lebih cctv.

Data dari PT Pelindo 4, di pelabuhan Soekarno Hatta makassar setiap harinya akan ada kapal 2 hingga 4 kapal yang akan datang maupun berangkat. Adapun tujuan penumpang terbanyak diantaranya Surabaya, Balikpapan, Bau-bau dan Bima.

Data dari posko terpadu, untuk hari ini akan ada 3 kapal yang akan tiba di pelabuhan Makassar. Yakni KM Lambelu akan tiba pada pukul 11.00 Wita dan berangkat pada pukul 15.00 tujuan bau bau.

Kapal kedua yakni KM Tlongkabila yang akan tiba pada pukul 14.00 Wita dan kembali berlayar pada pukul 20.00 Wita tujuan Bima. Kapal ketiga yakni KM Tidar yang akan tiba pukul 13.00 Wita dan kembali berangkat pada pukul 17.00 Wita tujuan Surabaya.

Penulis: Baba Duppa
Editor: Dim

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close