News

Angka Pengguna Narkoba di Lingkungan Meningkat Setiap Tahunnya

Angka Pengguna Narkoba di Lingkungan Meningkat Setiap Tahunnya

Kabar Makassar --- Penyalahgunaan narkoba di Indonesia berada diantara penduduk berumur 10 hingga 59 tahun, dimana penggunanya diproyeksikan meningkat setiap tahunnya.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian BNN dan Puslitkes UI pada tahun 2011 dimana angkanya terus menunjukkan prevalensi penyalahgunaan di Indonesia yang meningkat setiap tahunnya.

Berdasarkan data dari tahun 2008 peningkatan penyalahguna narkoba tercatat 1,99 persen (3,6 hingga 3,8 juta), 2011= 2,2 persen ( 3,8 hingga 4,2 juta), 2013= 2,56 persen dan 2015= 2,8 persen ( 5,1 juta).

Dari sudut rehabilitasi, jumlah pecandu narkoba yang memperoleh layanan terapi dan rehabilitasi di seluruh Indonesia (tahun 2010) masih terbatas yaitu sekitar 18.000 orang (0,47 persen).

Dari sekitar 4,2 juta penyalahguna narkoba di Indonesia, 70 persen penyalahguna (setara dengan 2.940.000 orang) berada di tempat kerja yang berakibat pada timbulnya berbagai permasalahan baik terhadap diri penyalahguna, terhadap kolega, dan pimpinan tempat kerja.

Selain itu, penyalahgunaan narkoba berdampak langsung pada gangguan fisik dan kejiwaan pengguna.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan penyalahgunaan narkoba di tempat kerja diantaranya resiko tinggi pekerja mengalami kecelakaan atau sakit di tempat kerja, lingkungan kerja kotor, sangat bising, kesulitan mengoperasikan peralatan, tekanan persyaratan untuk memenuhi target, kewajiban (deadlines) yang ketat, pekerja takut kehilangan pekerjaan, konflik dengan kolega kerja, konflik dengan kelompok pekerja, dengan atasan, dan dengan supervisor, diperlakukan diskriminasi, dan prasangka, adanya tekanan dari kelompok pekerja, dan masih banyak lagi.

Hal-hal tersebut berdampak pada menurunnya produktifitas kerja, tidak bisa konsentrasi, sulit membuat keputusan, dan sulit menangani situasi yang kompleks, meningkatkan resiko kecelakaan.

Olehnya itu, setiap pimpinan, manajemen tempat kerja mengembangkan budaya lingkungan kerja bersih narkoba melalui upaya pencegahan: sosialisasi atau diseminasi informasi dan advokasi secara intensif untuk memberikan edukasi kepada para pekerja tentang bahaya narkoba, serta dampaknya terhadap kesehatan dan keselamatan pekerja.

Foto: Int.

Arini Wulandari

Journalist

Aktifis mahasiswi ini mulai aktif menulis sejak 2014 lalu. Kemampuan komunikasi personalnya di ekspresikan dalam bentuk karya jurnalistik.

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close