Anda Harus Tahu, Fakta Dibalik Tubuh Kecil Kecoa

Fakta Fakta Kecoa [Foto: Beritasehat76]

Kabar Makassar– Siapa yang tidak tahu dengan kecoa, heawan berdarah dingin ini kerap membuat Anda merinding hingga lari ketakutan.

Namun tahu kah And beberapa fakta menarik tentang serangga yang sangat mudah beradaptasi di berbagai lingkungan dan kondisi ini.

Seorang Ahli Serangga dan Spesialis Kesehatan Lingkungan di Virginia, Amerika Serikat mengungkapkan bebrapa fakta tentang kecoa diantaranya.

1. Kecoa diyakini berasal dari 280 tahun yang lalu, yaitu di era Carbiniferous. Serangga ini merupakan pemakan segala yang bisa dimakan olehnya, namun lebih cenderung memprioritaskan makanan organik yang bisa mereka temukan disekitarnya.

2. Kecoa diketaui sebagai satu satunya hewan yang tidak berukuran mikro dan mampu bertahan bahkan dari bom nukluir. Dan termasuk salah satu dari sedikit hewan purba yang mampu bertahan dengan berbagai seleksi alam yang membawa kepunahan, hewan ini telah berevolusi berkali-kali sehingga semakin tangguh dan susah untuk dibasmi.

Baca juga :   Film Terbaru Shahrukh Khan akan segera Rilis

3. Jika dilihat dari jumlah, total kecoa yang tersebar dseluruh dunia terdapat 4.000 spesies, mulai dari berbeda ukuran hingga berbada secara corak. Serangga ini pun dibedakan antara yang bisa terabng dan tidak.

4. Kecoa juga merupakan berdarah dingin, mereka dapat hidup tanpa makanan selama satu bulan. Meski demikian jika tanpa air, mereka hanya biasa bertahan hidup selama satu minggu. Hal ini karena perbandingan antara makan dan minumnya kira kira sama seperti hewan lain.

5. Uniknya kecoa bisa hidup semala seminggu tanpa kepala, karena sistem peredaran darah mereka terbuka. Mereka mampu bernafas melalui lubang lubang kecil yang ada disetiap segmen tubuh mereka. Mereka tidak tergantung pada mulut atau kepala untuk bernafas, penyebab mereka mati karena tidak ada mulut dan hal itu membuat mereka tidak bisa minum.

Baca juga :   Sore Nanti Jupiter dan Sukhoi Kembali Bergemuruh di Langit Losari

6. Tidak hanya itu kecoa mampu menahan napas selama 40 menit, selain itu kecoa juga dapat menyelam cukup lama, mereka bisa bertahan hingga 30 menit jika tenggelam di bawah air. Mereka sering menahan nafas untuk membantunya mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh.

7. Kerana pergerakannya yang terbilang cepat, mereka mampu berjalan dengan kecepatan hingga 4 km dalam satu jam. Itu berarti kecoa dapat menyebarkan juman dan bakteri diseluruh rumah dengan sangat cepat.

8. Seekor anak kecoa dapat berjalan hampir sama dengan kecepatan kecoa dewasa bahkan ketika baru berumur satu har setelah menetas.

9. Kecoa bisa bertahan disuhu ekstrim, terutama dingin. Dalam suhu beku atau 0 derejat celcius, kecoa tetap memiliki metabolisme tubuh yang normal.

Baca juga :   Tahun Baru 2018, Hotel Ini Hadirkan Komedian Abdel & Temon

10. Kecoa menghabiskan 75 persen waktunya kesehariannya untuk beristirahat. Seperti mahluk pada umumnya, regenerasi sel sel tubuh dilakukan saat istirahat.

Sumber: https://science.idntimes.com/discovery/bayu/11-fakta-mencengangkan-tentang-kecoa-yang-bikin-kamu-merinding/full

Selain fakta fakta tentang kecoa. Serangga ini juga berbahaya untuk kesehatan karena kecoa membawa bakteri dan menyebarkan ke tempat tempat yang mereka lalui.

Sebenarnya kecoa tidak menyebabkan penyakit tapi mereka adalah vektor atau pembawa jutaan bakteri dan agen infeksi yang dapat menganggu kesehatan tubuh manusia.