Alergi Susu, Ini Makanan dan Minuman Pelengkap Kalsium Bumil

Ilustrasi, Ibu dan Bayi.

Kabarmakassar.com — Ibu dimasa kehamilan membutuhkan begitu banyak nutrisi, selain untuk menjaga kesehatannya ini juga untuk perkembangan janin yang ada di rahimnya. Kalsium bukan saja menjadi kebutuhan dimasa muda pada perempuan, melainkan kalsium juga sangat di butuhkan pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang dikandungnya.

Selama ini yang paling banyak diketahui adalah susu, merupakan sumber kalsium padahal susu ternyata bukanlah satu-satunya sumber kalsium, apa lagi jika ada yang alergi ketika mengkonsumsi susu. Dilema jika dalam kondisi sedang hamil, sebab disatu sisi menjadi kebutuhan namun disisi yang lain dapat menimbulkan alergi bagi yang tidak memiliki riwayat alergi ketika mengkonsumsi susu.

Berikut adalah makanan dan minuman yang dirangkum yang memiliki kalsium yang baik bagi ibu hamil :

  1. Yogurt, selain enak minuman ini juga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada ibu hamil, lebih enak jika disantap dengan mencampurnya dengan buah-buahan yang segar dan baiknya konsumsi yogurt tawar.
  2. Keju, siapa yang bisa menolak rasa gurih pada makanan yang satu ini, meruoakan hasil dari olahan susu, keju bisa menjadi pilihan yang baik untuk kebuuham kalsium ibu dimasa kehamilan, namun sebaiknya tidak mengkonsumsi keju mentah atau keju yang tidak dipasteurisasi.
  3. Tahu dan Tempe, lauk yang satu ini merupakan lauk yang digemari hampir seluruh masyarakat indonesia, baik anak-anak atau pun yang sudah dewasa. Pasalnya Tahu dan tempe merupakan makanan khas indonesia yang terbuat dari olahan kedelai sehingga menghasilkan lemak nabati yang menyehatkan.
  4. Sayuran Hijau, selain memiliki kalsium yang sangat baik untuk ibu hamil, sayuran hijau juga mengandung asam folat dan zat besi, untuk mendapat manfaat secara maksimal pada sayuran hijau sebaiknya ketika direbus atau dikukus jangan terlalu lama sehingga vitamin dan mineralnya tetap terjaga. Kuah bening pada sayur juga baik dikonsumsi untuk menambah kebutuhan akan asupan vitamin dan mineral.
  5. Kacang Almond,merupakan jenis makanan yang bisa dimanfaatkan opeh ibu hamil sebagai pengganti cemilan namun juga memiliki kalsium yang tinggi, kacang almond mengandung nabati yang sangat baik yang terdiri dari serat, protein, zat besi dan kalsium sehingga ini wajib dikonsumsi oleh ibu hamil setiap hari. Mengkonsumsi kacang almond juga bisa mengurangi resiko pada bayi untuk lahir cacat.
  6. Oat Meal,mengandung kalsium, riboflavin, karbohidrat, asam folat dan kalium. Oat meal juga mampu membuat perut ibu hamil merasa kenyang dalam waktu lama dan menahan rasa lapar hingga siang hari, maka dari Oat meal bisa menjadi pilihan menu sarapan bagi bumip, juga mengandung tinggi serat sehingga membantu melancarkan pencernaan.

Bidan Fira dari Puskesmas Layang Makassar mengatakan, meskipun beberapa makanan dan minuman juga memiliki kalsium tiggi namun susu juga tetap harus di konsumsi khusus ibu hamil bagi yang tidak memiliki masalah alergi dengan susu.

“Namun tetap sarankan konsumsi susu khusus ibu hamil bagi yang tidak memiliki riwayat alergi,karena biasanya pada susu khusus ibu hamil terdapat lengkap nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dimasa kehamilan” ungkap Bidan Fira.

Reporter :

Editor :

Sulis

Fritz V Wongkar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI