Akademisi Unhas : Petahana Harus Tegas Tentukan Sikap Politik

KabarMakassar, — Petahana Wali Kota Makassar, Danny Pomanto sepertinya butuh suntikan keberanian dan ketegasan. Bahkan, lebih dari itu, ia sepertinya butuh pil tambahan untuk membangun kepercayaan.

Hal itu sampaikan Ketua Departemen Ilmu Politik Unhas, Andi Ali Armunanto. Menurut dia, Danny seharusnya bisa lebih berani bersikap, mengingat posisinya sebagai incumbent.

“Dia sudah punya modal popularitas dan juga sudah unjuk kinerja selama menjabat sebagai walikota ,” kata Pemerhati Politik Unhas ini saat dikonfirmasi, Selasa, 28 November 2017.

Danny Pomanto atau akrab disapa DP, kata dia harus punya harga diri dan kepercayaan diri. Begitu deklarasi tanpa dukungan partai, seharusnya ia sudah mulai tegas.

Baca juga :   Program Lorong Sukses, Dukungan DP Terus Mengalir

“Jangan mau tersandera oleh dukungan partai, kalau modalnya cukup untuk independen, tidak usah menunggu dukungan partai,” cetusnya.

“Yang bisa disandera sama partai adalah kandidat yang memang tidak punya modal sosial dan jaringan. Nah, Danny Pomanto kurang apa, tim dia punya, jaringan ada, finansial juga apalagi. Birokrasi juga dia pegang. Seharusnya ia lebih percaya diri untuk segera mendaftar ke KPU,” lanjut dia.

Baca juga :   Partai Ini Mulai Bergerak Menangkan DIAMI

Lebib jauh, Ali Armunanto pun membaca, bahwa ada skenario besar dari orang besar yang tengah bermain-main di Pilkada Makassar. Skenario itu bisa saja membuat DP tidak bisa ikut bertarung di Pilkada Makassar.

“Survei Danny yang tinggi membuat orang berpikir untuk melawan. Jalan terbaik dan murah adalah membuat Danny tidak maju sebagai kontestan. Ini mestinya diwaspadai Danny dan orang-orangnya,” paparnya.

Karena itu, ia menyarankan jalan aman. Apa itu? Tentu dengan mendaftar independen. Sebab, dengan mendaftar independen, bisa dipastikan Danny tidak lagi tersandera mainan parpol. Ia juga bisa lepas dari skenario yang dimainkan orang tertentu untuk menjegalnya sebagai kandidat.

Baca juga :   Usungan Partai Nasdem di Jeneponto Masih jadi Teka Teki

“Seharusnya danny segera mengambil langkah tegas dan mengambil keputusan mendaftar independen. Mumpung masih terbuka. Apa susahnya, toh Danny juga sudah persiapkan melalui jalur itu,” tegas Armunanto.

Penulis : Suharlim Syamsuddin