Perusda

Mensos Idrus Marham Serahkan Bantuan Korban KMP Lestari

1 pekan, 6 hari lalu Oleh Fritz Wongkar
Mensos Idrus Marham Serahkan Bantuan Korban KMP Lestari
Menteri Sosial RI, Idrus Marham didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulsel, Ilham A. Gazaling meninjau langsung kondisi KMP Lestari Maju yang karam di wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Selayar, Jumat (6/7/2018).

KabarMakassar.com -- Kementerian Sosial RI menyalurkan bantuan sosial kepada korban kapal karam KMP Lestari Maju yang tenggelam Senin (3/7) di perairan Kabupaten Kepulauan Selayar. Penyerahan bantuan kepada ahli waris diserahkan langsung oleh Menteri Sosial RI, Idrus Marham di Rumah Jabatan Bupati Selayar, Jumat (6/7)

Di depan ahli waris dan korban selamat, Idrus Marham menyampaikan ucapan bela sungkawa mewakili Presiden RI, Joko Widodo. 

"Saya menyampaikan keprihatinan yang dalam dari presiden Jokowi. Dan turut berduka cita atas apa yang menimpa keluarga kita," katanya.

"Presiden menyampaikan kepada saya, untuk segera ke lokasi. Mensos harus segera kesana dan presiden sudah menyampaikan kepada saya, berikan bantuan, semuanya kita berikan bantuan. Yang meninggal diberikan dan Alhamdulillah yang selamat juga diberikan," jelasnya.

Menurut Idrus, sampai saat ini proses pencarian terhadap korban masih dilakukan oleh semua pihak. "Basarnas, TNI Polri, Pemda itu masih disana, masih ada yang menyelam di sana," katanya.

Idrus juga menjelaskan, dalam penyaluran bantuan ini, Presiden meminta untuk tidak menjadikan manifest penumpang sebagai acuan.

"Presiden sampaikan kepada saya, jangan perhatikan manifest. Ini tidak normal (kondisinya). Jangan masyarakat susah, dibikin tambah  susah. Seluruh yang direkomendasikan oleh Bupati Selayar, semua insha Allah akan diberikan bantuan," jelasnya.

Total bantuan yang diserahkan Kemensos RI pada korban KMP Lestari Maju sebesar Rp 897.500.000. Dengan rincian, korban meninggal dunia sebanyak 34 orang masing-masing ahli waris menerima Rp15 juta dan korban selamat sebanyak 155 orang menerima masing-masing Rp2,5 juta.

Idrus menyebut, jumlah bantuan yang diberikan bisa bertambah jika nantinya ada korban lain yang direkomendasikan oleh Bupati.

"Ini sesuai data yang ada saat ini. Kalau ada (bantuan) yang tidak sampai (kepada korban), sampaikan kepada saya," ujar Idrus.

Diketahui, KMP Lestari Maju karam di perairan Kabupaten Kepulauan Selayar, Senin (3/7/2018) dalam pelayaran dari Pelabuhan Bira di Kabupaten Bulukumba menuju Pelabuhan Pamatata di Kabupaten Kepulauan Selayar. Kejadian ini, menyebabkan 34 penumpang KMP Lestari Maju meninggal dunia.(*)