Perusda
Bank SUlsel Bar

Soni Sumarsono Kunjungi Korban Kebakaran di Jalan Sunu

on 9/6/18 Oleh Muhammad Fajar Nur
Soni Sumarsono Kunjungi Korban Kebakaran di Jalan Sunu
Kondisi rumah semipermanen yang hangus terbakar di Jalan Sunu Lorong 4, Kampung Jawa,  Kelurahan Suangga, Kecamatan Tallo yang habis dilalap api,  Sabtu, 9 Juni 2018.(Foto: Humas Pemprov)

KabarMakassar.com -- Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan(Sulsel) Soni Sumarsono didampingi Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Racmat Latief dan Karo Kesra Sulsel Herman mengunjungi korban kebakaran rumah semipermanen di Jalan Sunu Lorong 4, Kampung Jawa,  Kelurahan Suangga, Kecamatan Tallo yang habis dilalap api,  Sabtu, 9 Juni 2018. 

Di lokasi kebakaran terdapat 11 rumah petak terbakar dan rata dengan tanah. Rumah tersebut merupakan milik Amiruddin yang di kontrak-kan. 

Armada Damkar Makassar dibantu masyarakat berhasil menjinakkan si jago merah, kebakaran yang terjadi sekira pukul 09.30 tadi pagi. 

Gubernur dengan penuh empati mendatangi warga yang mengalami musibah, menanyakan kondisi dana apa yang bisa dilakukan untuk recovery pasca kebakaran. Termasuk satu orang korban luka bakar.

"Apa yang kami lakukan pertama adalah bagaimana memenuhi tempat tinggal warga, jangan sampai tidur dijalan. Untuk sementara akan ditampung di rumah Pak Amiruddin. Pemerintah memberikan bantuan makanan dan kami siapkan ambulans untuk dibawah ke rumah sakit," kata Sumarsono. 

Semua layanan kesehatan diberikan secara gratis oleh pemerintah, termasuk pengurusan berkas yang ikut terbakar secara gratis. 

Dari catatan yang disampaikannya, terdapat 10 gerobak bakso yang ikut terbakar, lima motor, 11 sepeda, tiga sepeda ontel, alat eletronik, perabot warga dan berkas-berkas/dokumen penting lainnya. Sebagian besar warga mudik ke pulau Jawa. 

"Kami bawa ke rumah sakit, tidak usah khawatir,  walaupun mereka tidak punya BPJS, kalau ada ragu ini sudah perintah Gubernur," sebutnya. 

Sedangkan untuk berkas-berkas warga, Sumarsono minta dilaporkan ke camat untuk selanjutnya ke Wali Kota Makassar. 

Sumarsono juga memberikan semangat kepada warga bahwa ini bagiam dari ujian,  dan warga lain untuk waspada dan mengambil hikmah atas kejadian yang ada. 

Ia juga mengunjungi warga yang mengalami luka bakar pada bagian kedua lengan dan punggung yang telah dievakuasi di rumah warga lainnya. 

Satu korban luka bakar atas nama Misdi berusia 41 tahun,  langsung dilarikan ke rumah sakit Awal Bros dengan mengunakan mobil pribadi Kadis Kesehatan Sulsel dan di rumah sakit langsung ditangani oleh dokter bedah plastik. 

Bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Sulsel juga telah disalurkan. 

Sementara itu salah satu korban, Tri Muliono mengatakan kedantangan orang nomor satu Sulsel tersebut sebagai bentuk perhatian. 

Ketua RT 02/RW 02 Kelurahan Suangga Salti Mais saat ini sedang mendata jumlah jumlah warganya yang tertimpa musibah, Ia pun berterima kasih atas kedatangan gubernur dan pemerintah setempat beserta bantuan yang disalurkan. 

Belum ada keterangan resmi dari pihak terkait penyebab kebakaran dan jumlah total kerugian dari perstiwa ini.