Kabar Makassar

Soni Sumarsono Irup Hardiknas 2018 Lingkup Sulsel

  • Penulis : Fritz Wongkar
  • Terbit : 3 pekan, 5 hari lalu
Soni Sumarsono Irup Hardiknas 2018 Lingkup Sulsel
Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono Irup Hardiknas 2018 Lingkup Sulsel

KabarMakassar.com -- Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018 tingkat Provinsi Sulsel, dilaksanakan di Lapangan Upacara Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Rabu 2 Mei 2018. Pada upacara Hardiknas ini, Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Sumarsono, bertindak sebagai Inspektur upacara. 

Adapun peserta dihadiri oleh para siswa-siswi SMA/SMK, guru dan ASN se-Sulsel. Hadir juga Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono, Ketua DPRD Sulsel HM Roem, Pj Sekprov Sulsel Tautoto Tana Ranggina.

Pada kesempatan itu, Sumarsono membacakan sambutan seragam Menteri Pendidikan RI. Ia menyampaikan pentingnya memberikan dukungan kepada anak-anak Indonesia dalam sektor pendidikan. 

"Pada proses dukungan tersebut, ada tiga kemampuan yang harus dimiliki para anak-anak Indonesia. Yakni kemampuan karakter, kemampuan literasi (baca-tulis), dan kemampuan kompetensi," ujarnya. 

Dia mengatakan, kemampuan karakter terbagi menjadi dua, yaitu karakter moral dan karakter kinerja. Esensi dari kemampuan karakter moral anak-anak Indonesia dapat berimplikasi pada terwujudnya nilai-nilai moral, nilai Pancasila, keimaman, ketakwaaan, integritas, empati, sopan-santun. 

"Begitu pula pada kemampuan karakter kinerja, akan membentuk anak-anak Indonesia sebagai generasi yang mengedepankan kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, gigih, kemampuan beradaptasi dan kepemimpinan," sebut Sumarsono. 

Sementara itu, kemampuan literasi menjadi dasar komponen di abad 21. Kemampuan kompetensi menjadi bekal anak-anak Indonesia dalam menghadapi masalah yang kompleks dan tidak menentu ini, dengan cara-cara yang kreatif.

Selanjutnya, Sumarsono juga menyerahkan penghargaan kepada guru-guru berprestasi. Lagu Mars Sulawesi Selatan juga untuk pertama kalinya diperdengarkan. Lagu ini merupakan karya ciptaan Arifin Manggau yang berhasil memenangkan lomba cipta mars Sulawesi Selatan.  

Dan Pergub Tentang Mars Sulawesi Selatan juga ditandatangani Penjabat Gubernur Sulsel. Kemudian dihadirkan pertunjukan seni dari Siswa/Siswi dari SMAN 21 Makassar, SMAN 7 Makassar dan SMAN 3 Makassar. (*)