Adnan Nilai Penanganan Covid-19 Butuh Sinergitas Pemerintah Pusat dan Daerah

KabarMakassar.com — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengaku jika penanganan yang baik terhadap pandemi Covid-19 dibutuhkan sinergitas yang kuat antar pemerintah. Diantaranya dari pemerintah pusat hingga ke pemerintah daerah.

Hal ini disampaikan Adnan ketika menjadi narasumber pada seminar virtual bertajuk “Sinergi Kepemimpinan Mengatasi Covid-19” yang dilaksanakan Laboratorium Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (Unhas), Kamis (21/5).

Menurutnya, berdasarkan rujukan Undang-Undang Nomor 23 dijelaskan bawah sistem pemerintahan di Indonesia sifatnya linear. Misalnya, dari pusat sampai ke daerah, mulai dari gubernur, wali kota, bupati bahkan ke pemerintah desa.

“Penanganan pandemi ini bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja, tetapi menjadi tanggungjawab bersama. Semuanya itu satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan,” kata Adnan.

Selain sinergitas antara pemerintah, Adnan juga dibutuhkan sinergitas atau kerjasama dari semua pihak. Kata dia, masyarakat, para tokoh dan elemen dan organisasi kemasyarakatan termasuk pula para akademisi.

“Akademisi harus ikut andil dalam memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat terhadap dampak dan bahaya Covid-19 ini. Sehingga masyarakat dapat meningkatkan kedisiplinan dan tidak menganggap remeh hal ini,” jelasnya.

Lanjut, Adnan mengatakan sinergitas lain yang dibutuhkan yaitu antar pemerintah dengan pengusaha dan media. Utamanya, media yang menjadi sumber utama informasi bagi masyarakat sehingga informasi yang disampaikan pun harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Ia menilai, penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Gowa sangat terlihat adanya kerja bersama dengan membangun solidaritas yang kuat. Buktinya, kata dia, saat pemberlakuan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) beberapa organisasi dan elemen masyarakat itu terlibat.

“Saya harap ke depan sinergitas antar pemerintah dan seluruh unsur bisa lebih diperkuat. Sehingga tidak ada yang saling menyalahkan antara satu dengan yang lainnya dan Covid-19 ini bisa segera tertangani di Indonesia. Terlebih lagi di negara kita sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Dosen Unhas, Muhammad Idrus Taba menilai bahwa PSBB yang dilaksanakan oleh Pemkab Gowa sudah berjalan dengan naik dan sukses. Bahkan, pelaksanaan PSBB di Gowa ini sudah sesuai dengan yang diharapkan.

“Saya sebagai masyarakat Gowa merasakan sendiri ketika diterapkan, betul-betul kita merasakan suasana seperti yang diharapkan masyarakat umum dan kita mejaga suasana itu dan saya kira PSBB itu terlaksana dengan baik,” kata Idrus.

Reporter :

Editor :

Abdul Kadir

Sofyan Basri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI