9 Unit BRT Bantuan Kemenhub Hanya Terparkir di Kantor Dishub Sulsel

BRT bantuan dari Kemenhub untuk Pemprov Sulsel yang hingga saat ini hanya terparkir di halaman Kantor Dishub Provinsi Sulsel. (Foto: KabarMakassar/Alim)

KabarMakassar.com — Pemerintah Provinsi Sulsel pada awal Desember 2018 lalu mendapatkan bantuan sebanyak 15 unit Bus Rapid Transit (BRT) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Saat penyerahan bantuan tersebut, Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiadi menyampaikan, pemberian bantuan 15 unit BRT itu dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan angkutan umum di Sulsel. Sehingga pihaknya meminta daerah mendukung program tersebut termasuk memberi subsidi dalam pengoprasiannya.

Setahun lebih pascapenyerahan, ternyata dari total 15 unit BRT bantuan Kemenhub tersebut, sampai saat ini masih ada 9 unit yang hanya terparkir di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel dan tidak dioperasikan.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel, Muhammad Arafah mengatakan, 9 unit bus yang terparkir di kantornya itu rencananya baru akan beroperasi secara resmi tahun depan.

“Iya memang benar di kantor masih ada 9 unit bus (yg hanya terpakir). Selebihnya itu sudah dikirim ke daerah untuk bantuan angkutan parawisata. Sisanya (9 unit yng terparkir di kantor Dishub), kami masih menunggu sampai tahun depan untuk pengoperasian secara resmi sesuai dengan program yang di tentukan oleh pemerintah,” kata Arafah, Kamis (19/3).

Kepala UPT Transportasi Mamminasata, Prayudi Syamsibar menambahkan, bus yang belum beroperasi itu masih dalam kondisi baik dan stabil. 9 unit bus bantuan Kemenhub itu, kata dia, dipersiapkan setiap saat untuk semua instansi pemerintah provinsi atau daerah yang membutuhkannya.

“Kalau kondisi bus disini itu masih baik. Jadi bukan tidak terpakai, tetapi pengoperasian secara resminya belum ada karena masih proses pengalihan aset dari Kemenhub ke Pemprov Sulsel. Bus ini tetap kami persiapkan jikalau ada pimpinan-pimpinan yang membutuhkannya seperti halnya permintaan bantuan bus untuk kegiatan Dispora di Kabupaten Jeneponto dan itu kita akomodir,” ujarnya.

Reporter :

Editor :

M Nur Alim

Firdaus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI