9 Juni, Semua ASN Pemkab Gowa Kembali Aktif Berkantor

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis. (IST)

KabarMakassar.com — Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa akan kembali aktif berkantor pada bulan Juni mendatang atau tepatnya Selasa, 9 Juni 2020.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis, memastikan aktivitas berkantor ASN tersebut akan berjalan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

“Apa yang sudah di prakondisi-kan selama PSBB dan dilanjutkan dengan penerapan SOP setelah PSBB di Gowa, sesuai dengan surat yang kami keluarkan, maka mulai 9 Juni 2020, semua ASN akan berkantor kembali. Tentu dengan memperhatikan protokol percepatan penanganan Covid-19,” kata Muchlis dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/5).

Menurut Muchlis salah satu yang harus diperhatikan yakni setiap kantor harus menyediakan tempat cuci tangan menggunakan sabun, serta seluruh ASN wajib menggunakan masker mulai dari keluar rumah hingga kembali ke rumah lagi.

“Meskipun ASN mulai berkantor, nantinya semua harus mengikuti protokol kesehatan covid agar bisa meminimalisir penularan, dengan cara dilakukan sistem pengaturan jarak atau physical distancing. Semua kantor menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer dan wajib menggunakan masker,” terangnya.

Muchlis menjelaskan, kebijakan tersebut diambil sejalan dengan keputusan pemerintah pusat dalam penerapan New Normal yang di dalamnya berisi melonggarkan tempat-tempat yang semula tidak bisa, termasuk mengaktifkan kembali aktifitas perkantoran.

“Meskipun kita tidak masuk dalam new normal yang ditunjuk 25 Kabupaten/kota di Indonesia, tapi jika melihat syarat pemberlakuan kita termasuk salah satunya. Tapi itu masih kita tinjau dahulu, sementara yang kita aktifkan ASN berkantor,” katanya.

Selain itu, lanjut Muchlis, pertimbangan inipun diambil karena dalam beberapa hari terakhir secara internal sudah mampu mengendalikan angka perkembangan kasus atau hanya terjadi di area yang sudah ada.

Bahkan pihaknya juga mengaku sudah berhasil mengedukasi warga sedikit demi sedikit untuk menerapkan perilaku hidup sehat.

“Dengan kondisi seperti ini tentu yang kita harapkan dukungan warga, agar daerah kita bisa segera pulih dengan dimulai ASN masuk bekerja secara normal kembali,” ujarnya.

Kendati demikian, saat ini ASN Pemkab Gowa masih memberlakukan WFH atau kerja bergiliran hingga 8 Juni 2020. Dimana setiap harinya, pimpinan SKPD hanya menugaskan maksimal 3 orang staf untuk masuk kerja kecuali yang bertugas di pelayanan publik langsing (RSUD, Puskesmas, Damkar dll).

“Saat inikan WFH masih diperpanjang yang dimulai tanggal 18 Mei kemarin sampai 8 Juni, otomatis setelah itu atau tanggal 9 Juni, maka sistem shift pegawai telah dihentikan,” pungkasnya.

Reporter :

Editor :

Abdul Kadir

Firdaus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI