9 Cara Mengatasi Berat Badan Bertambah Saat Liburan

9 Cara Mengatasi Berat Badan Bertambah Saat Liburan

9 Cara Mengatasi Berat Badan Bertambah Saat Liburan

Kabar Makassar -- Hari libur tiba waktu untuk merayakan bersama keluarga ataupun teman. Namun, jangan sampai ini menjadi waktu untuk menghabiskan makanan yang berlebihan sehingga mengakibatkan berat badan bertambah.

National Institutes of Health Amerika Serikat, makan di hari libur dapat menghasilkan satu pon atau lebih berat badan bertambah setiap tahunnya selama seumur hidup, dimana salah satu faktor di antaranya ketika over-eating (makan berlebihan). Untuk itu, isilah hari libur dengan mengatur pola makan. Fokus pada keseimbangan makanan, aktivitas, dan kesenangan yang sehat. Selain itu, menerapkan beberapa tips yang dilansir dari Sutter Health CPMC berikut ini.

1. Jangan mencoba menurunkan berat badan selama liburan, sebagai gantinya usahakan menjaga berat badan Anda saat ini.

2. Rencanakan waktu untuk berolahraga. Olahraga membantu mengurangi stres liburan dan mencegah kenaikan berat badan. Peningkatan olahraga moderat dan harian dapat membantu sebagian mengimbangi makan liburan yang meningkat. Cobalah jalan cepat 10 atau 15 menit dua kali sehari.

3. Jangan lewatkan makan. Sebelum pergi ke pesta, makan makanan ringan seperti sayuran mentah atau sepotong buah untuk mengurangi nafsu makan. Sehingga Anda tidak akan tergoda untuk terlalu memanjakan diri dengan makanan yang ada.

4. Pilih makanan kesukaan Anda dan lewati paling tidak favorit Anda. Sertakan sayuran dan buah-buahan agar tetap seimbang.

5. Makanlah sampai kenyang, jangan dijejalkan. Nikmati liburan favorit Anda sambil makan porsi kecil. Duduklah, nyaman, dan nikmati.

6. Dibutuhkan 500 kalori per hari (atau 3.500 kalori per minggu) di atas konsumsi normal / perawatan untuk mendapatkan satu pon. Tidak mungkin menambah berat badan dari sepotong kue.

7. Rencanakan kegiatan kelompok dengan keluarga dan teman yang tidak semuanya tentang makanan. Hal ini agar Anda tidak terlalu fokus pada makanan. Sibukkan diri dengan bermain game atau mengikuti tur keliling rumah yang dihias.

8. Bawa hidangan sehat Anda ke pertemuan liburan.

9. Dressing - Gunakan sedikit roti dan tambahkan lebih banyak bawang merah, bawang putih, seledri, dan sayuran. Tambahkan buah seperti cranberry atau apel. Basahi atau rasakan dengan rendah lemak ayam natrium rendah atau kaldu sayuran dan saus apel. Kacang Hijau Bean - Masak kacang hijau segar dengan potongan kentang dan bukan sup krim.

Nikmati liburan, rencanakan waktu untuk aktivitas, masukkan resep sehat ke dalam makanan liburan Anda, dan jangan membatasi diri dari menikmati makanan liburan favorit Anda. Mulailah dengan gaya hidup sehat.

Sumber foto: blog.nasm.org

Arini Wulandari

Journalist

Aktifis mahasiswi ini mulai aktif menulis sejak 2014 lalu. Kemampuan komunikasi personalnya di ekspresikan dalam bentuk karya jurnalistik.

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close