7 Hobi Murah yang Menguntungkan

7 Hobi Murah yang Menguntungkan

7 Hobi Murah yang Menguntungkan

Kabar Makassar ----- Setiap orang memiliki minat untuk melakukan kegiatan yang disenangi atau hobi. Ada banyak macam hobi yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Bahkan, tidak jarang orang melakukan hobi dan justru menghasilkan uang.

Bagi sebagian orang menganggap, berhobi membutuhkan biaya mahal. Sehingga tidak jarang orang malas melakukan kegiatan lain selain tidur dan bermalas malasan di rumah.

Namun, tujuh alternatif hobi berikut tergolong murah bahkan berpeluang untuk mendapatkan penghasilan menguntungkan dari melakukan hobi ini. Di antaranya.

Membaca
Kebiasan ini sudah jarang dilakukan bagi sebagian orang. Padahal, membaca sangat bermanfaat untuk menambah wawasan. Jika sedang tidak melakukan apapun di rumah, membaca adalah alternatif baik untuk mengisi waktu luang. Membaca banyak refensi dapat membantu jika ingin memulai pekerjaan lainnya seperti mengajar dan membuat karya ilmiah.

Menulis
Sama seperti membaca, mengisi waktu luang dengan menulis mampu meningkatkan imajinasi, misalnya mengarang sebuah cerita, atau mencacat pengeluaran sehari hari. banyak pekerjaan yang dapat dihasilkan dari menulis, di antaranya novelis, akuntan, sekertaris, pengarang dongeng, penulis karya ilmiah dan lain lain.

Olahraga
Aktivitas berolahraga tentunya menyehatkan dan membuat tubuh terasa lebih rileks. Berolahraga tidak perlu dengan mengikuti gym yang mengeluarkan biaya tambahan. Cukup dengan melakukan senam atau gerakan peregangan, lari, Badminton, bahkan catur. Menekuni hobi di bidang olahraga juga menciptakan lapangan pekerjaan misalnya menjadi instruktu senam atau menjadi atlit.

Memasak
Kegiatan ini sering diidentikkan pekerjaan perempuan. Padahal, banyak chef dunia juga dilakukan oleh kaum laki laki. Tidak jarang hobi ini justru digemari juga oleh anak anak. Menciptakan sebuah masakan enak semakin membuat kepercayaan diri koki untuk terus melakukan inovasi. Tidak perlu dengan biaya mahal, memasak dengan bahan yang dibeli dari pasar tradisional sering dilakukan, komunikasi antara pedagang dan pembeli untuk saling menawar juga menjadi pengalaman menarik dilakukan.

Berkebun
Melakukan kegiatan ini biasanya membuat orang lain malas mengurus tanaman, karena dianggap sulit. Padahal, jika tekun melakukan hobi ini, selain menyegarkan pandangan mata dan hirup udara segar. Berkebun juga dapat menghasilkan uang dengan menanam tanaman hias atau sayur sayuran.

Membuat kerajinan tangan
Hobi yang satu ini perlu ketekunan daripada pengrajin untuk dilakukan. Pasalnya, membuat kerajinan tangan membutuhkan kreativitas seperti menjahit, membuat keranjang, tas, gantungan kunci dan lainnya. bahan yang digunakan pun tidak mahal bahkan sebagian besar yang bahan dari barang bekas tidak terpakai. Hasilnya pun dapat dijual sebagai cinderamata atau alat berguna lainnya.

Memancing
Tidak jauh berbeda dengan membuat kerajinan tangan, memancing juga membutuhkan trik dan ekstra kesabaran agar mendapatkan ikan. Jika alat pancing dianggap mahal, hobi ini juga bisa dilakukan walau bermodal bambu, benang tasi, mata pancing dan umpan. Hasil yang didapatkan pun bisa dikonsumsi atau dijual.

Penulis : Marwah
Ilustrasi [michaelhyyat.com]

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close