6.306 Sapi Kurban Disembelih pada Gerakan Makassar Berkurban

6.306 Sapi Kurban Disembelih pada Gerakan Makassar Berkurban

Kabar Makassar — Melalui program Gerakan Makassar Berkurban Pemerintah kota Makassar akan menyembelih 6.306 sapi kurban. Dari keterangan Kabag Kesra Kota Makassar Aswi Badawi, jumlah tersebut adalah total yang diperoleh dari sapi kurban yang terkumpul, di antaranya Pemerintah Provinsi sebanyak 1 ekor dan SKPD Pemprov 165 ekor.

Wali kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto sendiri sebanyak 20 ekor, Wakil Wali Kota Syamsu Rizal MI 1 ekor, Sekda Andi Baso Amiruddin 1 ekor, SKPD Pemkot Makassar 73 ekor dan Perusda Kota Makassar sebanyak 11 Ekor.

Baca juga :   “Mappacci” Dalam Adat Bugis

“Sebanyak 15 Kecamatan dan 153 Kelurahan se- kota Makassar juga masing- masing berpartisipasi memberikan hewan kurbannya dengan jumlah bervariasi,” katanya saat penyerahan sapi kurban di lapangan upacara Balaikota Makassar oleh wali kota Makassar.

Kecamatan Biringkanaya misalnya menyembelih sapi kurban sebanyak 875 ekor, Kecamatan Tamalanrea 698 ekor, Kecamatan Panakkukang 638 ekor, Kecamatan Rappocini 827 ekor, Kecamatan Tamalate 460 ekor dan Kecamatan Manggala 640 ekor.

Adapun Kecamatan Sangkarrang sebagai kecamatan baru juga ikut berkurban sebanyak 39 ekor sapi, termasuk kecamatan- kecamatan lain mulai dari 100 ekor hingga 200-an ekor.

Baca juga :   BNN Sulsel: Hanya 1.428 Lakukan Rehabilitasi

“Semua sapi- sapi kurban ini didibeli dari Perusahaan Daerah (Perusda) Rumah Potong Hewan (RPH) dengan masing- masing dilengkapi dengan surat kesehatan,” ucap Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto.

Danny juga menjelaskan kesemua hewan kurban tersebut disebar di seluruh wilayah kecamatan dan kelurahan kota Makassar.

“Kita sebar semua ini di kelurahan, jadi baru kali ini setiap kelurahan ada hewan kurban dari keluarga besar Pemkot Makasar,” pungkasnya.

Baca juga :   Agus AN Lepas Peserta Notaris Fun Day

Untuk sumbangan 20 ekor sapi yang diberikan Danny juga disebar 15 kecamatan. 1 ekor per kecamatan, sedangkan sisanya 5 ekor diberikan ke berbagai kelompok atau komunitas di Makassar.

Selain sapi, pada Gerakan Makassar Berkurban ini, juga terdapat hewan kurban berupa kambing dengan jumlah total 372.