5 Warganya Positif Covid-19, Begini Respon Pemkab Gowa

Ilustrasi-INT

KabarMakassar.com — Jumlah warga Kabupaten Gowa yang telah dinyatakan positif terjangkit Virus Corona (Covid-19) bertambah 2 orang pada Jumat (27/3) kemarin. Dengan begitu, secara total jumlah warga GOwa yang positif terjangkit Covid-19 saat ini sudah sebanyak 5 orang.

“Iya, sudah 5 warga Gowa yang positif Covid-19. Tambahan 2 pasien lagi yang kemarin itu masing-masing warga Bontomarannu dan Somba Opu sekitaran Pao-pao,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Baharuddin, Sabtu (28/3).

Burhanuddin merinci, secara keseluruhan sebaran pasien positif Covid-19 di Kabupaten Gowa berdasarkan kecamatan yakni: 3 orang warga Kecamatan Somba Opu (1 yang dirawat di RS Stella Maris sudah kembali ke rumah dan melakukan isolasi mandiri, 1 dirawat di RS Labuang Baji, 1 lagi melakukan isolasi mandiri di rumah); 1 orang warga Kecamatan Pallangga (dirawat di RS Labuang Baji); dan 1 orang warga Kecamatan Bontomarannu (dirawat di RS Pelamonia).

Menyikapi kondisi ini, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, sebagai langkah antisipasi penyebaran covid-19, petugas dari Pemkab Gowa akan kembali melakukan penyemprotan disinfektan.

Kali ini, kata dia, penyemprotan akan dilakukan secara serentak atau massal di seluruh wilayah Kabupaten Gowa.

Adnan menjelaskan, penyemprotan secara serentak ini dilakukan mulai dari Kantor Bupati, Kecamatan, Lurah, Desa dan tempat-tempat umum yang akan dilakukan pada 1 April mendatang diharapkan selesai dalam waktu satu hari.

“Kita berharap penyemprotan ini dilakukan mulai dari pagi hari dan selesai di sore hari. Kita usahakan supaya ini bisa selesai dalam 1 hari saja. Kalau perlu bisa selesai dalam 1 hari lebih bagus tapi kalau memang tidak memungkinkan kita minta untuk 2 hari,” kata Adnan saat memimpin rapat teleconference dengan para Forkopimda dan pimpinan SKPD serta camat lingkup Pemkab Gowa.

Olehnya itu, Adnan berharap agar alat-alat dan bahan-bahan yang akan digunakan saat penyemprotan disiapkan secepat mungkin.

Sebelumnya, Pemkab Gowa juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum dan kantor-kantor pemerintahan. Selain itu Pemkab Gowa juga telah memasang hand sanitizer di ruangan-ruangan kantor pemerintahan dan pelayanan publik.

Sementara, Kapolres Gowa, AKBP Boy FS Samola mengatakan, penyemprotan disinfektan secara serentak ini merupakan salah satu cara yang juga cukup efektif untuk memutus rantai dari penularan Covid-19 Kabupaten Gowa.

“Untuk penyemprotan secara bersama-sama itu harus sampai ke tingkat RT/RW melaksanakannya. Jadi harus dilaksanakan serentak semua mulai dan RT/RW dan sebagainya dan itu bisa dikondisikan dan koordinasikan dari tingkat desa sampai RT/RW yang ada sehingga semua sekaligus,” kata Boy.

Dalam upaya pencegahan penularan covid-19 ini, Boy juga berharap semua elemen terlibat termasuk relawan dan organisasi-organisasi yang ada. Seperti Palang Merah Indonesia (PMI), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Pramuka.

“Untuk antisipasi terakhir kita harus berpikir hal terburuk yang mungkin terjadi. Makanya kita semua harus bergerak, semua elemen masyarakat. Jadi mungkin ada yang mengkoordinir para relawan PMI, kemudian pramuka dan sebagainya untuk sewaktu-waktu yang bisa dimanfaatkan,” pungkasnya.

Reporter :

Editor :

Abdul Kadir

Daus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI