5 Pasien Covid-19 di Sulsel Dikabarkan Sembuh

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Sulsel, Husni Thamrin (tengah) bersama dengan Kepala Kesdam XIV Hasanuddin, Kolonel Ckm dr. Soni Endro Cahyo Wicaksono (kiri), menyampaikan keterangan pers terkait perkembangan penanganan Covid-19 di Sulsel melalui video conference, Selasa (31/3) malam. (IST)

KabarMakassar.com — Kabar baik datang dari proses penanganan pasien Covid-19 di Sulsel. Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel, Husni Thamrin, yang juga tergabung dalam Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sulsel, mengaku mendapat kabar bahwa di salah satu rumah sakit di Kota Makassar ada 5 pasien Covid-19 yang sembuh.

“Ada penyampaian bahwa dari total 50 orang pasien positif, ada 5 orang yang dirawat di Rumah Sakit Stella Maris sembuh. Tapi memang laporan secara resminya belum ada,” kata Husni melalui video conference, Selasa (31/3) malam.

Menurut Husni, kabar ini tentunya menjadi angin segar sekaligus penyemangat bagi tim medis dan seluruh masyarakat Sulsel untuk terus melakukan upaya-upaya penanganan dalam melawan penyebaran Covid-19.

Husni menjelaskan, meskipun sembuh, pasien positif Covid-19 tidak langsung diperbolehkan pulang.

“Memang ada masa isolasi yang harus dilewati. Tapi tentunya kita akan terus berupaya agar semakin banyak yang bisa sembuh,” ujarnya.

Perihal kabar sembuhnya mantan Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof. Idrus Paturusi, yang pada 25 Maret lalu dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 dan menjalani perawatan di Ruang Isolasi Rumah Sakit Unhas, Husni belum nerani mematikan hal tersebut.

Sementara, Kepala Kesehatan Kodam (Kesdam) XIV/Hasanuddin, Kolonel Ckm dr. Soni Endro Cahyo Wicaksono menjelaskan bahwa berdaasrkan standar operasional prosedur atau protokol kesehatan yang ada, pasien positif Covid-19 baru bisa dinyatakan sembuh apabila dua kali pemeriksaan swab selama masa karantina menunjukkan hasil negatif.

“Dinyatakan sembuh itu kalau setelah karantinadiperiksa duak kali (uji swab) dan hasilnya dua-duanya negatif. Itu berarti sembuh,” jelasnya.

Sebelumnya, kabar membaiknya kondisi terkini Prof. Idrus Paturusi yang tengah menjalani perawatan di ruang isolasi RS Unhas itu disampaikan oleh putrinya, dr. Idrianti Idrus melalui instastorynya dia akun @@dr.eche_idrus, Selasa (31/3) sore.

“Kami dikelilingi orang baik. hasil swab kedua bapak negatif,” tulis Idrianti dalam video yang diunggahnya.

Dalam video tersebut, Idrianti menyampaikan jika sang ayah masih berada di runag isolasi dan massih harus menjalani pemeriksaan selanjutnya.

“Alhamdulillah hasil swab keduanya bapak sudah datang, dan itu berkat bantuan doa dari teman-teman, semua followers di sini dan semua para muridnya bapak, teman-teman saya, sahabat-sahabat saya, kerabat dan teman sejawat. Kami mengucapkan terima kasih banyak. Mohon doanya lagi, tetapi bapak belum bisa keluar dari isolasi karena kita masih menunggu pemeriksaan lainnya. Terima kasih. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,” tuturnya.

Sekadar diketahui, berasarkan data yang dirilis di laman https://covid19.sulselprov.go.id/, hingga Selasa (31/3) pukul 17.33 WITA jumlah pasien positif Covid-19 di Sulsel totalnya sebanyak 50 orang (45 dirawat, 5 meningal).

Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) jumlahnya sebanyak 106 orang (95 dirawat, 8 sehat, 3 meninggal). Seangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 691 orang (596 proses pemantauan, 95 selesai pemantauan).

Reporter :

Editor :

Firdaus

-

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI