33.100 Pelamar Kerja Hadiri Job Fair Kemnaker

Jakarta, Kabar Makassar– Sebanyak kurang lebih 12 ribu lowongan kerja dari berbagai sektor tersedia dalam bursa kerja nasional (job fair) di Jakarta Internasional Expo (JIEXPO) Kemayoran yang digelar tanggal 25-26 Agustus 2017 mulai pukul 08.00-16.00.

“Kita mendorong agar penyelenggarakan bursa kerja diperbanyak di berbagai daerah bukan hanya di Jakarta. Untuk bisa meningkatkan partisipasi dari angkatan kerja kita yang belum bekerja agar bisa bekerja.” ujar Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Hery Sudarmanto yang dikutip dari merdeka.com. 25 Agustus 2017.

Baca juga :   FOTO : 168 Peserta Temu Kerja Pengelola Kampung

Terhitung jumlah pendaftar di hari pertama mencapai 33.100, dimana 23.100 di antaranya melakukan pendaftaran offline.

“Job fair ini melibatkan sekitar 213 perusahaan. Pencari kerja yang ingin datang besok (Sabtu), masih bisa mendaftar secara online juga. Job fair ini juga terbuka untuk rekan disabilitas,” ungkap Hery.

Sekjen Kemnaker, Hery menambahkan penyelenggaraan job fair tidak boleh memungut biaya apapun kepada pencari kerja. Sekjen perlu mengingatkan hal tersebut karena akhir-akhir ini marak lembaga swasta dan event organizer (EO) yang menyelenggarakan job fair dengan tujuan bisnis.

Baca juga :   Tim Sapu Lubang Respon Keluhan Warga

“Setiap pelaksanaan job fair tidak boleh memungut biaya dari para pencari kerja. Jadi harus gratis bagi pencari kerja,” kata Hery.

Hery menambahkan, penyelenggaraan job fair yang memungut biaya kepada pencari kerja melanggar Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan Keppres 36 tahun 2002 tentang pengesahan ratifikasi konvensi ILO nomor 88 mengenai lembaga pelayanan penempatan tenaga kerja.

Baca juga :   Jelang Deklarasi 2211, Sembilan Parpol Solid Terbitkan Rekomendasi

Selain itu, mereka melanggar Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 39 Tahun 2016 Pasal 54 ayat 3 yang menyebutkan bahwa penyelenggara pameran kesempatan kerja (Job Fair) dilarang melakukan pungutan biaya dalam bentuk apapun kepada pencari kerja.