3 Manfaat Mengunyah Makanan Sampai Halus

mengecilkanperutbuncit.net

Kabar Makassar— Setiap orang punya beragam cara untuk menurunkan berat badan. Olahraga, menjaga pola makan, mengonsumsi banyak buah dan sayur, bahkan melakukan diet rutin telah dilakukan.

Salah satu cara lain untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengunyah makanan hingga lumat. Seperti yang dilansir kesehatanpedia.com, mengunyah makanan hingga halus memiliki banyak manfaat selain mengurangi berat badan.

Berikut manfaat mengunyah makanan hingga halus.

Mengurangi stress
mengunyah makanan dan menikmati penuh perasaan dapay menenangkan pikiran. menyantap makanan secara perlahan membuat seseorang lebih menikmati makanan dan dipercaya menjaga kesehatan mental.

Baca juga :   Tidur Nyenyak Tujuh Jam Lebih Kurangi Risiko Jantung

Membantu organ pencernaan
Makanan yang telah dikunyah hingga halus akan memudahkan organ pencernaan dalam bekerja saat mencerna makanan. Makanan yang dikunyah hingga halus agar lambung tidak bekerja berat yang menimbulkan gangguan pencernaan. Selaon itu, makanan yang dikunyah sampai halus dapat dicerna dengan baik oleh organ pencernaan dan zat gizinya dapat dialirkan ke seluruh tubuh.

Menurunkan berat badan
Salah satu cara untuk mengurangi berat badan adalah dengan mengunyah makanan hingga halus. Ini dikarenakan otak memiliki respon yang mampu memberikan informasi jika perut sudah kenyang.

Baca juga :   Jelang Natal, Ratusan Alumni Smakara Gelar Donor Darah Serentak

Penelitian Dr Xand van Tulleken yang dikutip Dailymail mengambil sampel 20 wanita yang masing masing mengonsumsi satu piring pasta. Sebagian wanita diminta mengunyah sebanyak 35 kali, sedangakan wanita lainnya mengunyah sebanyak 15 kali. Hasilnya, Sisa makanan di piring itu ditimbang dan dihitung jumlah kalorinya. Hasilnya, mereka yang mengunyah lebih cepat atau sebanyak 15 kali, rata-rata menghabiskan 468 kalori, sedangkan yang mengunyah lambat hanya sekitar 342 kalori.

Baca juga :   Kabupaten Gowa, Kembali Integrasikan Penduduknya dalam Program JKN-KIS

“Perbedaannya mencapai 126 kalori hanya dalam satu kali makan. Ini benar-benar luar biasa,” kata Tulleken.

Tulleken mengatakan, umumnya seseorang mengunyah sebanyak 15-30 kali. Anak tetapi, orang yang obesitas diketahui memiliki kebiasaan mengunyah yang lebih cepat.

Foto: mengecilkanperutbuncit.net

[divider sc_id=”sc589050294243″]divider-3[/divider]

[team layout=”4″ staff=”489″ sc_id=”sc205100727732″]