3 Hari, Positif Covid-19 di Sulsel Bertambah 112 Kasus

Ilustrasi - INT

KabarMakassar.com — Virus Corona atau Covid-19 sudah menyebar di 21 dari total 24 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Jumlah kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 pun terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, hari ini (Sabtu, 2 Mei 2020) ada penambahan sebanyak 30 kasus positif Covid-19 di Sulsel, dengan sebaran: Makassar 8 kasus, Parepare 2 kasus, Bulukumba 1 kasus, Soppeng 1 kasus, Luwu Utara 17 kasus, dan Maros 1 kasus.

Dengan begitu, jumlah total kumulatif kasus positif Covid-19 di Sulsel saat ini sudah sebanyak 577 kasus. Dari jumlah tersebut, 386 masih dirawat, 151 dinyatakan sembuh (bertambah 6 dari sehari sebelumnya), dan 40 meninggal dunia (bertambah 1 dari sehari sebelumnya).

5 daerah dengan jumlah total kasus positif Covid-19 terbanyak yakni; Makassar (401 kasus); Gowa (33 kasus), Maros (31 kasus); Sidrap (21 kasus); dan Luwu Utara (20 kasus)

Sementara 16 kabupaten/kota lainnya, yakni: Parepare (11 kasus); Luwu Timur (11 kasus); Sinjai (6 kasus); Bulukumba (6 kasus); Pinrang (5 kasus); Bone (5 kasus); Takalar (5 kasus); Soppeng (5 kasus); Pangkep (4 kasus); Enrekang (3 kasus); Tana Toraja (3 Kasus); Selayar (2 kasus); Luwu (2 kasus); Jeneponto (1 kasus); Palopo (1 kasus); dan Wajo (1 kasus).

Sedangkan 3 kabupaten di Sulsel yang sampai hari ini masih ‘bersih’ dari kasus positif Covid-19 yakni: Toraja Utara, Bantaeng dan Barru.

Jika melihat data, selama tiga hari terakhir total ada penambahan sebanyak 112 kasus positif Covid-19 di Sulsel. Rinciannya: 26 kasus di tanggal 30 April; 56 kasus di tanggal 1 Mei; dan 30 kasus di tanggal 2 Mei.

Kota Makassar yang sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak 24 April lalu, masih menjadi daerah dengan jumlah penambahan kasus positif Covid-19 terbanyak di Sulsel. Dalam 2 hari terakhir saja, tercatat ada penambahan sebanyak 32 kasus di Ibukota Provinsi Sulsel itu.

Sehari sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel yang juga sekaligus sebagai Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulsel, dr. Muhammad Ichsan Mustari mengatakan, penyebaran kasus positif Covid-19 di Sulsel saat ini sudah meluas ke kabupaten-kabupaten.

“Kalau melihat data, peningkatan penyebaran atau jumlah kasus positif Covid-19 di Sulsel ini sudah meluas ke kabupaten-kabupaten, Maka dari itu, kita mendorong semua kabupaten tidak lengah, tingkatkan kewaspadaan, dan sedini mungkin melakukan langkah antisipasi. Jangan hanya berpatokan pada angka, tapi harus lakukan langkah pencegahan sedini mungkin,” kata Ichsan.

Sejauh ini, lanjut Ichsan, pihaknya masih terus mendorong kedisiplinan masyarakat dalam membatasi diri sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Trennya masih lebih mendorong pada kedisiplinan masyarakat dalam membatasi diri. Kalau melihat data, peningkatan sudah meluas ke kabupaten. Kita mendorong semua kabupaten tidak lengah, dan sedini mungkin melakukan langkah antisipai serta pencegahan,” ujarnya.

Reporter :

Editor :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI