News

25 Jurnalis Ikut Banking Journalist Workshop di Makassar

25 Jurnalis Ikut Banking Journalist Workshop di Makassar

Kabar Makassar-- Guna meningkatkan literasi media tentang isu perbankan, sebanyak 25 jurnalis dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti Banking Journalist Workshop (BJW) di Makassar, Sulawesi Selatan. Acara ini berlangsung 6-7 Oktober 2017 di Kantor Permata Bank Makassar.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan Kota Makassar, bekerjasama dengan Permata Bank dan Kedutaan Besar Australia di Indonesia ini, merupakan yang pertama kali di lakukan di luar Pulau Jawa.

BJW merupakan pengembangan yang dilakukan AJI dari Banking Journalist Academy (BJA). Program yang menjadi wadah menyalurkan beasiswa kepada jurnalis terpilih. Semua jenis media bisa ikut serta dalam BJA, dimana pada muaranya AJI akan memberikan biaya kursus dan biaya operasional liputan yang merupakan bagian akhir dari program.

Ketua AJI Makassar Qodriansyah Agam Sofyan mengatakan, sangat mengapresiasi dipilihnya Makassar sebagai tuan rumah, setelah tahun sebelumnya dilaksanakan di Surabaya. "BJW ini penting dan sangat bermanfaat bagi jurnalis yang ingin mengembankan pengetahuan di bidang keuangan," katanya, Kamis 5 Oktober 2017.

Agam berharap, semua peserta yang hadir bisa mengambil manfaat dan semua proses kegiatan diikuti dengan baik. Dari 25 orang yang ikut BJW di Makassar tahun ini, 15 diantaranya berasal dari luar Sulawesi Selatan, sisanya merupakan jurnalis lokal.

Peserta yang ikut dalam BJW akan mendapatkan materi mengenai perbankan dan jurnalisme dengan lebih spesifik. Dimentori langsung oleh jurnalis senior Hasudungan Sirait.

Peserta workshop juga akan mendapat beberapa materi yang langsung dipaparkan oleh pakarnya, terutama dari pihak Bank Permata. Materi jurnalistik yang disampaikan dalam BJW meliputi teknik membuat liputan perbankan yang mendalam, dari kalangan praktisi ekonomi dan perbankan.

Selama kursus berlangsung, peserta akan didampingi oleh mentor, baik dalam proses belajar maupun konsultasi di luar kelas. Di akhir kegiatan peserta terpilih akan mendapat dukungan biaya operasional liputan yang nantinya digunakan untuk pembuatan tugas akhir.

Sumber: Rilis AJI
Foto: Logo Aliansi Jurnalis Independen

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close