2.000 APD Bantuan BNPB Disalurkan ke 11 Rumah Sakit di Sulsel

Bantuan APD dari BNPB yang disalurkan untuk 11 RS di Sulsel, di halaman RST Pelamonia Makasar, Rabu (25/3). (IST)

KabarMakassar.com — Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka menyerahkan 2.000 buah Alat Pelindung Diri (APD) dan fasilitas kesehatan, bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk 11 Rumah Sakit (RS) rujukan maupun penyangga penanganan Covid-19 di Sulsel, Rabu (25/3).

11 RS di Sulsel yang mendapat bantuan APD dari BNPB tersebut yakni: RST Pelamonia, RSUP Wahidin Sudirohusodo, RSUD Maros, RS UNHAS, RS DR Tajudin, RS Labuang Baji, RSUD Sinjai, RSUD Lakipadada Toraja, RST Parepare, dan RS Bhayangkara.

Pangdam Hasanuddin mengatakan dengan adanya bantuan APD ini dapat membantu para petugas kesehatan yang berada di garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

“Insya Allah ini bisa membantu petugas-petugas kesehatan kita yang saat ini berada di garda terdepan,” kata Sumangerukka, saat menyerahkan bantuan tersebut kepada empat perwakilan RS di halaman RS Pelamonia Makassar.

“Karena salah satu tantangan, baik dari para petugas kita adalah memastikan mereka tidak terpapar. Sehingga alat-alat ini menjadi sangat penting. Oleh karena itu manfaatkan dengan baik alat pelindung ini khususnya para petugas medis, alat ini akan diperoleh secara bertahap,” sambungnya.

Terpisah, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengaku bersyukur APD bantuan dari BNPB ini telah tiba dan bisa langsung dibagikan ke sejumlah RS yang telah ditunjuk sebagai RS rujukan maupun penyangga penanganan Covid-19.

“Alhamdulillah, hari ini telah tiba APD sebanyak 2.000 buah, dan langsung dibagikan ke sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di wilayah Sulawesi Selatan,” kata Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Nurdin memastikan, distribusi APD ini ditangani langsung petugas medis, jajaran Pemprov Sulsel dan anggota TNI-Polri yang turut membantu sebagai bentuk kolaborasi untuk mencegah penularan Covid-19 di wilayah Sulsel.

“Semoga dengan adanya APD ini dapat memudahkan kerja para petugas medis kita, dan kita doakan semoga mereka semua diberikan kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas mulia ini,” ujarnya.

Berikut bantuan APD yang akan diterima kepada Rumkit rujukan penanganan covid-19 di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara:

a. Wilayah Sulawesi Selatan
1) RST Pelamonia 10 koli/500 pcs
2) RSUP Wahidin Sudirohusodo 5 koli /250 pcs
3) RS Bhayangkara 2 koli/100 pcs
4) RSUD Maros 2 koli/100 pcs
5) RS UNHAS 1 koli/50 pcs
6) RS. Dr. Tajudin Chalid 1 koli/50 pcs
7) RSUD Labuang Baji 1 koli/50 pcs
8) RSUD Sinjai 1 koli/50 pcs
9) RSUD Lakipadada Toraja 1 koli/50 pcs
10) RST Parepare 1 koli/50 pcs
11) RST Bone 1 koli/50 pcs

b. Wilayah Sulawesi Barat
1) RSUD Mamuju 2 koli/100 pcs

c. Wilayah Sulawesi Tenggara
1) RST Kendari 2 koli/100 pcs
2) RSU Bahteramas 2 koli/100 pcs

Reporter :

Editor :

Abdul Kadir

Firdaus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI