1,3 Kg Sabu dan Ratusan Pil Ekstasi Dimusnahkan Kejari Sidrap

Pemusnahan Narkoba dan Miras oleh Kejari Sidrap

KabarMakassar.com — Sebanyak 1,3 kilogram sabu, 290 butir pil ekstasi dan 566 botol minuman keras (miras) dimusnahkan oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sidrap, di halaman Kantor Kejari Sidrap, Rabu (4/3).

Kepala Kejari Sidrap, Djasmaniar mengatakan, sabu, pil ekstasi dan miras tersebut merupakan barang bukti dari kasus tindak pidana umum yang ditangani Kejari Sidrap selama periode Januari sampai dengan awal Maret 2020.

“Yang dimusnahkan ini merupakan barang bukti dari 27 perkara narkotika dan 7 perkara miras. Pemusnahan ini dilaksanakan berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap,” kata Djasmaniar.

Berdasarkan pengamatan pihaknya, kata dia, angka atau jumlah kasus penyalahgunaan dan ketergantungan narkotika di wilayah Kejari Sidrap semakin meningkat dari tahun ke tahun.

“Berdasarkan pengamatan, penyalahgunaan narkotika telah menyentuh seluruh lapisan masyarakat, dan tidak lagi memandang profesi serta status sosial,” ujarnya.

Menurut Djasmaniar, ada beberapa hal yang menjadi penyebab kasus penyalahgunaan dan ketergantungan narkotika ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Mulai dari pengaruh atau bujukan rayuan teman, ingin coba-coba, hingga faktor prustasi atau stress.

“Ada juga yang menggunakan narkotika dengan alasan ingin meningkatkan atau ketergantungan gairah kerja, dan ada juga karena faktor keadaan lingkungan atau keluarga yang tidak harmonis,” terangnya.

Olehnya itu, lanjut Djasmaniar, pihaknya mengajak semua pihak untuk bersama-sama melakukan upaya pemberantasan narkoba di wilayah Sidrap melalui langkah preventif dimulai dari lingkungan keluarga dan sekolah.

“Ini untuk membebaskan dan menyelamatkan generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa dari ancaman terganggunya atau rusaknya sel-sel dan susunan saraf,” pungkasnya.

Reporter :

Editor :

Sukardi Pide

Daus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI