12 Layanan Polisi Online Polrestabes Makassar Siap Beroperasi

Kabar Makassar — Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan semakin memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan adanya 12 layanan Smart Police yang dilaunching langsung oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono, di ruang Command Center Polrestabes Makassar sekira pukul 14.00 wita, Jumat, 24 November 2017.

Diketahui ke 12 aplikasi tersebut terdiri dari dua fiture yakni layanan dan pengaduan. Untuk layanan sendiri antara lain sistem layanan izin keramaian, SP2H (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidijan), hilang temu kendaraan, laporan, layanan informasi kantor kepolisian, SKCK online. Sedangkan untuk layanan laporan, terdiri dari laporan saber pungli, kehilangan, kejadian dan database kriminal.

Baca juga :   Pemkot Makassar Jajaki Kerjasama Pendidikan dengan Malaysia

Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono mengatakan bahwa aplikasi Smart Police tersebut merupakan perintah langsung dari Mabes Polri kepada seluruh lingkup Polda untuk membuat layanan Smart Police atau layanan Polisi Online.

Artinya bahwa Polri sebagai pelayan, pengayoman, dan pelindung dalam masyarakat harus dengan sigap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Oleh karena itu, Polri memberikan kemudahan dengan meluncurkan 12 fitur pelayanan publik berbasis TI (teknologi komunikasi).

“Tentunya hadirnya layanan ini diharap dapat memudahkan pelayanan terhadap seluruh masyarakat. Karena layanan ini dapat diakses 24 jam dan dapat diakses dengan mudah cepat serta terintegrasi langsung dengan Command Center Polrestabes Makassar,” ungkap Muktiono.

Baca juga :   Pasukan Orange Sapu Bersih Pendukung DIAmi

Adapun kendala yang dihadapi layanan online tersebut, pihaknya akan terus berupaya untuk dapat memberikan memudahkan masyarakat agar dapat menggunakan layanan ini.

“Adapun kendalanya saat ini adalah kapasitas jaringan harus kuat sehingga belum bisa diakses oleh seluruh masyarakat. Untuk menggunakan aplikasi ini signalnya harus kuat, serta hanya dapat diakses oleh Handphone tertentu,” ujar Muktiono.

Sementara itu, Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Anwar Efendi menambahkan, dengan diluncurkannya 12 aplikasi pelayanan masyarakat itu bisa memberikan pelayanan, pengayoman, dan pengamanan yang terbaik untuk masyarakat di wilayah Polda Sulawesi Selatan.

Selain itu, 12 aplikasi yang berbasis android ini tidak hanya membantu tugas – tugas kepolisian dan meningkatkan quick respon dalam menangani suatu gangguan kamtibmas yang terjadi di tengah – tengah masyarakat tetapi juga mempermudah masyarakat dalam memberikan segala bentuk informasi terkait gangguan berbetuk apapun kepada pihak kepolisian.

Baca juga :   Begini Cara Menilai Kualitas Pelayanan Disdukcapil Makassar

“Aplikasi ini dapat menjadi sarana untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polda Sulsel,” pungkasnya. (*/nck)

[divider sc_id=”sc123291209360″]divider-3[/divider]

[team layout=”3″ staff=”6082″ sc_id=”sc10807388611″]