10 Sekolah Baru Hasil Regrouping Masih Minim Fasilitas

KabarMakassar.com — Sebanyak 10 sekolah baru dari hasil regrouping yang dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar baru-baru ini, belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Azis Hasan tak menampik hal tersebut. Menurut dia, sekolah-sekolah tersebut hingga saat ini masih dalam proses pembenahan.

Pihaknya, kata dia, juga telah mencanangkan antisipasi keterbatasan kelas, karena 10 sekolah tersebut belum maksimal menampung siswa baru.

“Ya betul. Kita kan belum setahun ya berjalan. Kemudian, dia itu menumpang di sekolah-sekolah yang kita re-grouping. Memang ada 10, jadi memang itu untuk penerimaan siswa yang baru kelas 1. Kita butuh lagi kelas untuk jenjang kelas 2. Nah ini yang menjadi tantangan kita. Kalau begitu, harus ada dua shift di situ, ada yang sekolah pagi, ada juga yang sekolah siang,” kata Azis, Rabu (19/2).

“Ini akan menjadi fokus dari Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam menjamin pendidikan yang layak dan berkualitas serta Dinas Pendidikan Kota Makassar terus berupaya dalam melakukan proses perbaikan di 10 sekolah tersebut,” tambahnya.

Azis mengaku, anggaran Dinas Pendidikan yang ada dalam APBD Kota Makassar juga telah disiapkan untuk membantu pengadaan fasilitas di 10 sekolah baru tersebut. Sayangnya, tidak semua sekolah bisa mendapatkan bantuan yang sama.

“Baru-baru ini kami sudah berikan 880 meja dan kursi. Itu bisa menutupi dua kelas. 80 meja kursi kita berikan ke per sekolah. Kalau sekolah itu ada space lahan, kita juga bisa bantu membangun RKB (Ruang Kelas Baru). Yang susah itu memang kalau pas-pasan. Biasa kalau begitu kita main suntik. Suntik itu artinya kita kasih tingkat,” terangnya.

Lebih jauh Azis mengatakan, terbatasnya anggaran Dinas Pendidikan di APBD 2020 cukup terbatas, sehingga pembangunan dab pembenahan10 sekolah tersebut akan dilakukan secara bertahap.

“Anggarannya ada, cuma tidak semua bisa kita bantu karena terbatas. Tapi ini harus bertahap, soalnya anggaran kami untuk kegiatan infrastruktur tidak terlalu banyak. Kalau memungkinkan spacenya, nah itu yang bisa kita kasih RKB (Ruang kelas Baru),” ungkapnya.

Sekadar diketahui 10 SMP hasil regrouping tersebut yaitu SMPN 46 Makassar (Jl Gunung Latimojong), SMPN 47 Makassar (Jl Maccini Sawah), SMPN 48 Makassar (Jl Hertasning Blok E 4/1), SMPN 49 Makassar (Jl Syekh Yusuf), SMPN 50 Makassar (Jl Muhammadiyah), SMPN 51 Makassar (Jl Tamangapa V), SMPN 52 Makassar (Jl Urip Sumiharjo), SMPN 53 Makassar (Jl Samiun), SMPN 54 Makassar (Jl Saharaeng Daeng Sese), dan SMPN 55 Makassar (Jl A. Paturungi).

Reporter :

Editor :

Qyswanty

Daus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI