Perusda
Bank SUlsel Bar

Paslon Mukmin Bisa Disambut Adat Marakka Barana. 

on 23/2/18 Oleh A. Nurul Gaffar
Paslon Mukmin Bisa Disambut Adat Marakka Barana. 
Calon Bupati Jeneponto Mulyadi Mustamu saat memperagakan memukul gendang di acara adat barana. [Foto: Nurul Gaffar]

KabarMakassar.com, Jeneponto --- Calon Bupati dan Wakil Bupati Jeneponto, Mulyadi Mustamu dan Muhammad Kasmin MS melakukan kampanye hari ke sembilan di Desa Barana, Kecamatan Bangkala Barat, Jumat 23 Februari.

Pada kampanye tersebut, pasangan calon Ideal nomor 1 menghadiri ritual pesta Adat Marakka Ri Barana sebagai simbol rasa kesyukuran dengan adanya keturunan asli dari Mustamu karaeng Bangkala yang juga sebagai Raja Bangkala saat itu yang masuk di Pilkada Jeneponto, sebagai calon bupati yakni Mulyadi Mustamu Karaeng Tinggi. 

Dalam pesta Adat tersebut, paslon disambut gendang sebagai ritual Adat Marakka di Barana. 

Salah seorang warga Barana Jumrah mengatakan, baru ada calon bupati dan wakil bupati yang menginjakkan kakinya dikampung tua Barana," ujar Jumrah.

"Baru kali ini, ada paslon yang menginjak kakinya di kampung Barana. Serta disambut adat Marakka Ri Barana," ujar Jumrah

Selain melakukan prosesi adat Marakka Barana. Paslon nomor 1 melakukan kampanye dialogis.

Calon bupati Jeneponto, Mulyadi Mustamu mengatakan, bila dirinya bersama Muhammad Kasmin Ms terpilih sebagai bupati dan Wakil bupati akan membangunkan rumah Adat. "Saya akan melestarikan adat di Bangkala khusus Barana," ujarnya. 

Untuk itu, dia meminta kepada masyarakat Barana mari kita sama sama memilih nomor 1 dan memenangkan paslon Bupati dan Wakil Bupati Mulyadi Mustamu, dan Muhammad Kasmin Ms. (*)