Perusda
Bank SUlsel Bar

Jokowi ke Makassar, Aksi Kamisan Makassar Tolak RKUHP

on 15/2/18 Oleh Indrawan
Jokowi ke Makassar, Aksi Kamisan Makassar Tolak RKUHP
Aksi Kamisan Makassar ke-11

KabarMakassar.com --- Komite Perlindungan Jurnalis dan Kebebasan Berdemokrasi bersama sejumlah jurnalis dan para aktivis pro demokrasi di Makassar kembali akan menggelar Aksi Kamisan Makassar, Kamis 15 Februari 2018 bertempat di monumen Mandala.

Aksi kali ini menentang penolakan pengesahan revisi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3). 

Para pejuang payung hitam ini menilai jika RKUHP ini pun disahkan, maka makin terbelenggulah pers di Indonesia. Demokrasi pun kian mundur dan suram di negeri ini.

"Betapa tidak, dengan disahkannya UU MD3, siapapun yang mengkritik DPR bisa dijerat hukum" ungkap Humaira Haji selaku Koordinator Lapangan Aksi Kamisan Makassar menjadi

Lebih lanjut, Humairah menegaskan ada beberapa poin tutuntutan yang akan disuarakan pada aksi kamisan yang digelar jam 15.00 Wita Nanti di depan monumen Mandala. Beberapa poin tersebut yaitu:

  1. Tolak Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) yang telah disahkan DPR RI. 
  2. Hentikan seluruh usaha untuk mengesahkan draft revisi RKUHP yang sedang dibahas DPR karena cacat demokrasi dan mengabaikan UU Pers No 40 tentang Pers
  3. Meminta pemerintah untuk menarik RKUHP dan membahas ulang dengan berbasis pada data dan pendekatan lintas disiplin ilmu, dengan pelibatan bersama seluruh pihak, kelompok dan lembaga-lembaga terkait
  4. Mendesak pemerintah dan DPR RI agar dalam menyusun UU MD3, RKUHP dan produk hukum lainnya hendaknya semangatnya/spiritnya melindungi rakyat, bukan penguasa.

Kami mengajak para pekerja dan pemerhati media serta aktivis gerakan HAM untuk bersama menolak UU MD3M dan draft revisi RUU KUHP.