Perusda
Bank SUlsel Bar

Penolakan Impor Beras, JK: Itu Hal Biasa

on 25/1/18 Oleh Baba Duppa
Penolakan Impor Beras, JK: Itu Hal Biasa
Ilustrasi, google.com

Kabarmakassar.com--- Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menilai penolakan impor beras adalah hal yang biasa. Namun dipastikan jika apapun kebijakan pemerintah tidak akan mengambil resiko sama sekali.

Hal ini disampaikan Wapres JK usai menerima Gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar di Kabupanten Gowa Sulawesi Selatan, Kamis 25 Januari 2018.

"Itu hal biasa, pemerintah nda akan ambil resiko sama sekali, kalau sedikit kurang meski tambah apakah itu impor," Kata Wapres Jusuf Kalla.

Pemerintah rencananya membuka keran impor beras pada awal tahun ini. Keputusan ini tertuang dalanm Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 1 Tahun 2018.  

Sebanyak 500.000 ton beras yang akan diimpor pada Januari 2018. Kebijakan ini muncul karena adanya kekurangan beras jenis medium sejak akhir tahun 2017. Akibatnya harga beras di pasaran pun melambung tinggi.

Rencana pemerintah inipun mendapat tanggapan pro dan kontra dari berbagai pihak.

Ada yang menolak rencana impor karena tidak didasari dengan data yang riil di lapangan, apalagi dalam waktu dekat Petani akan panen dan dinilai akan membuat anjlok harga beras.

Sementara pihak lainnya menilai kebijakan pemerintah dalam mengimpor beras untuk memenuhi kebutuhan pasokan beras di dalam negeri. Apalagi harga komoditas beras yang belakangan ini dinilai naik.