Perusda
Bank SUlsel Bar

Polda Sulsel Tetapkan Tersangka Baru Kasus Abu Tour

on 20/4/18 Oleh Fritz Wongkar
 Polda Sulsel Tetapkan Tersangka Baru Kasus Abu Tour

KabarMakassar.com -- Kasus Abu Tours kembali menyeret nama salahsatu mantan manajer PT Abu Tours, di Polda Sulsel MKS (40 tahun). Dimana MKS ditetapkan sebagai tersangka baru dari kasus penipuan travel dan umrah Abu Tour. Jumat 20 April 2018.

Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan Kombes Pol Dicky Sondani saat merilis tersangka baru kasus Abu Tours di Direktorat Kriminal Khusus Polda Sulsel Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar. Dalam hal ini Eks manajer keuangan PT Abu Tours dengan inisial MKS.

Dimana tersangka baru ini dari hasil pengembangan Polda Sulsel jika tersangka MKS mendapat ancaman pasal yang persangkakan yakni pasal 374 subs 372 Jo pasal 55, 64 ayat 1 KUH pidana dan atau pasal 3, pasal 5 UU TPPU dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun dan atau denda paling banyak Rp. 1 Miliar.


Untuk diketahui dana yang dipungut sebagai biaya pemberangkatan umrah dari 86.720 jemaah PT Amanah Bersama Ummat ( Abu Tours) yang batal berangkat mencapai Rp 1,8 triliun. Sebelumnya kasus ini telah menyeret Bos Abu Tour yang kini jadi tersangka pada bulan lalu 2018.

Polda Sulsel saat itu menetapkan CEO Abu Tours, Hamzah Mamba sebagai tersangka terkait kasus dugaan penipuan dan penggelapan ribuan jamaah umrah di Indonesia.

Tidak hanya itu Bos Abu Tour tesebut juga dijerat dengan kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) perusahaan Abu Tours and Travel. Menurut hasil ekspose, Hamzah Mamba diketahui mengiming-imingi memberangkatkan ribuan jamaah yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dengan harga yang cukup murah.