Kabar Makassar

5 Tanda Tiroid Sedang Bermasalah

  • Rubrik : Gaya Hidup
  • Penulis : Redaksi
  • Terbit : Terbit 22/3/18
5 Tanda Tiroid Sedang Bermasalah
ilustrasi[ist]

KabarMakassar.com--Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher dan memiliki fungsi tubuh yang vital. Bila kamu merupakan wanita di atas 35 tahun, kemungkinan gangguan tiroid akan jadi lebih tinggi mencapai 30 persen. Tiroid menghasilkan hormon tiroid yang mengatur, antara lain, suhu tubuh, metabolisme, dan detak jantung. Hal-hal bisa mulai bermasalah ketika kelenjar tiroid kurang atau terlalu aktif.

1.Merasa Sedih
Merasa depresi yang tidak biasa atau sedih juga bisa menjadi gejala hipotiroidisme. Diperkirakan bahwa produksi hormon tiroid yang terlalu sedikit dapat berdampak pada tingkat serotonin (salah satu hormon yang membuat seseorang merasa senang) di otak. Dengan tiroid yang kurang aktif, ini akan mengubah sistem tubuh lainnya menjadi berkurang juga. Jadi, tidak mengherankan suasana hati seseorang bisa berdampak menjadi lebih buruk sepanjang hari.

2.Sulit Berpikir
Sulit berpikir bisa dikarenakan kurang tidur atau penuaan, tetapi fungsi kognitif dapat juga terganggu saat tiroidmu bermasalah. Terlalu banyak hormon tiroid (hipertiroidisme) dapat menyebabkan kesulitan berkonsentrasi dan terlalu sedikit (hipotiroidisme) dapat menyebabkan kelupaan dan kabut otak umum.

3.Kenaikan Berat Badan yang Tidak Jelas Penyebabnya
Gejala gangguan tiroid bisa ditandakan dengan ukuran pakaian yang bertambah. Kenaikan berat badan adalah salah satu alasan utama wanita memeriksakan tiroid.

4.Rambut Tipis dan Rontok
Rambut kering, rapuh, dan rontok bisa menjadi tanda hipotiroidisme. Terlalu sedikit hormon tiroid mengganggu siklus pertumbuhan rambut dan mengakibatkan kerontokan rambut. Bahkan banyak pasien Dr Miller yang datang karena penata rambut mereka menyadari ada yang salah dengan rambut pelanggannya itu.

5.Bermasalah dengan Pencernaan
Orang dengan hipotiroidisme terkadang mengeluhkan sembelit. Gangguan pada produksi hormon cenderung menyebabkan perlambatan pada proses pencernaan.[Nur Fadhilah Sophyan/BerbagaiSumber]


Pemprov