Diskominfo Kota Makassar Gelar Forum Jurnalistik dan SKPD

Diskominfo Kota Makassar Gelar Forum Jurnalistik dan SKPD
(Diskominfo) Kota Makassar adakan Forum Jurnalistik.

KabarMakassar.com -- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar gelar Forum Jurnalistik dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kota Makassar dengan tema "memahami kode etik jurnalistik dan Undang Undang ITE" pada pada hari Senin (16/9) bertempat di Hotel Arthama, Jalan Haji Bau No. 5 Makassar.

Forum Jurnalistik tersebut di moderatori oleh Fadillah Reski Rivai, dengan menghadirkan beberapa narasumber yaitu Nurdin Amir S.Hut (Aliansi Jurnalis Independen Makassar), Fajriani Langgeng (Direktur LBH Pers), serta Iwan Taruna (praktisi jurnalis/wartawan senior).

Iwan Taruna sebagai pembicara pertama dalam forum diskusi jurnalistik tersebut menceritakan pengalamnya dalam beberapa liputan yang pernah dijalani khususnya di daerah konflik seperti di ambon dan poso, selain itu ia juga menjelaskan bahwa "penting untuk wartawan tetap menjaga 5W (what, why, who, when Where) dan H (how) khususnya untuk wartawan pemula",  Jelasnya.

Selanjutnya Ibu Fajriani Langgeng yang tampil sebagai pembicara kedua menjelaskan tentang beberapa dasar hukum jurnalistik dan undang undang ITE.  ia mengatakan bahwa.

"Setiap individu berhak untuk mendapatkan informasi akan tetapi ada standarisasi yang dilakukan oleh media, yang boleh sebar dan yang tidak boleh disebar". Selanjutnya Fajriani Langgeng menekankan, "Pentingnya seseorang untuk mengetahui dasar hukum dari profesinya, termasuk seorang jurnalis dia harus juga mengetahui dasar hukumnya", tutupnya.

Terakhir yang tampil sebagai pembicara ketiga yaitu Nurdin Amir menjelaskan kode etik jurnalis dan berusaha untuk menyimpulkan hasil dari pembicara pertama dan kedua tadi mengatakan "Media atau Jurnalistik ada karena kepentingan rakyat yang harus dilayani dan kita adalah corong untuk memberikan informasi yang asli", simpulnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Dr. Abdul Aziz Hasan sebagai perwakilan dari PJ Walikota Makassar, beberapa aparatur diskominfo Kota Makassar, perwakilan jurnalistik umum dan mahasiswa, baik itu media cetak dan media online dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Penulis : Muh Sabri Syahrir

Editor : Prisatno