KLHK Launching Rumah Ko-Kreasi, Wabup Tomy jadi Ketua Panitia

KLHK Launching Rumah Ko-Kreasi, Wabup Tomy jadi Ketua Panitia
Wabup, Tomy Satria Yulianto yang menjadi Ketua Panitia dalam ko-kreasi Perhutanan Sosial 4.0 yang dilaksanakan di Bulukumba.


KabarMakassar.com -- Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto yang menjadi Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan proses ko-kreasi Perhutanan Sosial 4.0 yang dilaksanakan di Bulukumba melalui serangkaian kegiatan dengan menggunakan cara kerja baru Kerja Bareng Jemput Bola Perhutanan Sosial 4.0.

Proses tersebut antara lain audiensi dengan pimpinan daerah yaitu Gubernur dan Bupati, diskusi terfokus dengan OPD terkait kegiatan di Kabupaten Bulukumba, Coaching Clinic Pelayanan Akses Legal Perhutanan Sosial, jemput bola pelayanan akses legal Perhutanan Sosial ke desa-desa sasaran, serta membangun Rumah Ko-Kreasi Pelayanan Perhutanan Sosial 4.0. Secara keseluruhan rangkaian kegiatan ini berlangsung dalam kurun waktu 25 hari dengan pelibatan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan berbagai Dinas terkait.

“Di penghujung proses ini, selama dua hari kita melaksanakan workshop kreatif dengan berbagai tema. Kita berharap program ini tidak hanya menjadi resolusi konflik di kawasan hutan, tapi bagaimana pemberian izin ini memberikan dampak pada peningkatan kehidupan masyarakat yang lebih baik di wilayah hutan,” pinta Tomy, Minggu (25/8)

Direktur Penyiapan Kawasan Perhutanan Sosial KLHK, Erna Rosdiana, hasil dari proses pengajuan izin yang melalui pendekatan kerja bareng jemput bola ini dalam tempo kurang dari 22 hari, pihak KLHK menerbitkan empat SK Ijin (1 Hutan Kemasyarakatan dan 3 Kemitraan Konservasi) yang luasnya mencapai 320,75 hektar yang mencover 165 KK

“Di Bulukumba, masih ada proses pengajuan izin yang lain belum terbit seluas 532 hektar, semuanya di Hutan Lindung,” ungkap Erna.

Penulis : Fitriani Lestari

Editor : Prisatno