Perusda
Bank SUlsel Bar

Manfaat Lain yang Dimiliki Youghurt

on 16/3/18 Oleh Lina Budi Astuti
Manfaat Lain yang Dimiliki Youghurt
Ilustrasi (ist.)

KabarMakassar.com --- Bahan-bahan alami bisa menjadi rahasia kecantikan alami yang mudah dan didapat dengan harga terjangkau. Selain buah-buahan, ternyata youghurt bisa dijadikan untuk merawat kecantikan kulit.

Manfaat susu mungkin sering Anda dengar, namun bagaimana dengan manfaat dari produk lahan susu yang satu ini? Selain lezat untuk dikonsumsi youghurt ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan Anda.

Berikut beberapa manfaat youhurt bagi kecantikan, yang dilangsir dari liputan6.com, Jumat (16/03/2018).

1. Melembapkan Kulit

Menghabiskan waktu sehari-hari dalam ruangan ber-AC tentu akan membuat kadar kelembapan kulit menurun. Sehingga, kulit terasa kering dan tidak nyaman. 

Apalagi, kulit kering juga bisa menjadi penyebab berbagai masalah kulit lainnya seperti jerawat maupun gatal-gatal. Yoghurt bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi kulit kering bahkan mencegahnya kembali kering.

Hal ini dikarenakan yoghurt memiliki kandungan lactic acid, kandungan anti-inflamasi, serta antioksidan yang mampu melembapkan, menutrisi, meningkatkan elastisitas kulit, dan meredakan rasa gatal akibat kulit kering.

Cara menggunakan: Campurkan yoghurt dan madu dengan perbandingan 4:1, aduk hingga merata, lalu ratakan pada wajah dan kulit. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

2. Merawat Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Saat Anda kembali dari liburan di tempat bercuaca terik, tidak jarang kulit Anda menjadi gosong akibat terbakar sinar matahari.

Selain merah-merah, kulit yang terbakar akan terasa perih saat disentuh. redakan dengan yoghurt.

Yoghurt kaya akan kandungan zinc yang dapat membantu meredakan rasa sakit pada kulit yang terbakar sinar matahari. Agar semakin efektif, Anda juga bisa mengombinasikan yoghurt dengan ragam essential oil yang mampu atasi masalah sunburn pada kulit seperti peppermint atau lavender.

Cara menggunakan: Campurkan yogurt dan 1-2 tetes essential oil, lalu aplikasikan pada area kulit yang bermasalah.


3. Membantu Melawan Jerawat

Masalah kulit yang paling sering terjadi adalah jerawat. Mungkin sudah banyak cara yang dilakukan untuk membasmi jerawat tersebut, mulai dari cara alami hingga menggunakan acid. 

Yoghurt mengandung lactic acid yang dapat berperan sebagai eksfoliator dan pembersih wajah alami. Tidak hanya itu, olahan susu ini juga bersifat anti-bakterial sehingga dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab jerawat. 

Tentunya, selain melawan jerawat, yoghurt juga akan melembapkan dan menutrisi kulit saat diaplikasikan. 

Cara menggunakan: Oleskan yoghurt pada area berjerawat lalu pijat secara lembut selama beberapa menit. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

4. Merawat Rambut sebagai Conditioner

Tidak hanya baik untuk kulit, yoghurt juga menyimpan banyak manfaat untuk rambut saat digunakan sebagai conditioner. Beberapa manfaat yoghurt untuk rambut di antaranya adalah menutrisi dan melembapkan rambut, sehingga rambut terasa lebih lembut sekaligus lebih berkilau. 

Selain itu, karena kandungannya yang bersifat anti-bakteri, yoghurt juga membantu menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala, hingga membantu mengurangi ketombe. 

Cara menggunakan: Aplikasikan yoghurt pada rambut, pijat lembut, diamkan selama 10-30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

5. Mengurangi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Lingkaran hitam di bawah mata mungkin terasa sangat menganggu penampilan untuk beberapa orang. Selain membuat wajah menjadi terlihat lelah, mata panda juga memberikan kesan tua pada wajah. 

Kandungan zinc di dalam yoghurt memiliki manfaat mencerahkan, sehingga dapat membantu mengurangi lingkaran hitam, bahkan bekas luka. Selain membantu mencerahkan, yoghurt juga mampu merawat dan menutrisi kulit di area mata kamu.

Cara menggunakan: Oleskan yoghurt pada bagian bawah mata, pijat lembut hingga merata, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Satu hal lagi yang penting untuk diperhatikan adalah jenis yoghurt yang digunakan. Pastikan Anda memilih plain yoghurt.