Rudianto Bicara Peran Pemuda di Era Milenial

Rudianto Bicara Peran Pemuda di Era Milenial

KabarMakassar.com --- Kata “pemuda” seringkali diidentikkan dengan kelompok anak muda yang masih “bau kencur” alias belum berpengalaman, belum matang dalam berpikir dan belum stabil secara emosi. Dan karenanya secara umum orang tidak terlalu memperhitungkan kelompok pemuda karena dianggap pola berpikirnya cenderung idealis tidak realistis dan sering mengambil keputusan dengan berdasarkan emosi perasaan belaka. 

Pentingnya kehadiran pemuda, Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Kota Makassar menyelenggarakan Diskusi Publik yang bertema "Meningkatkan Potensi Pemuda dalam Kewirausahaan dan Kepemimpinan dalam Pembangunan" di Hotel Continent Centerpoint Jl. Adiyaksa No.15, Masale, Kota Makassar, Selasa 20 Maret 2018. Wakil Ketua DPRD Kota Makassar, Rudiyanto Lallo menyampaikan pentingnya pemuda dalam Era Milenium saat ini. Acara ini menghadirkan berbagai organisasi dan perwakilan pemuda yang ada di Kota Makassar.
 
Rudiyanto menjelaskan besarnya pengaruh para pemuda di dalam pemerintahan. Pergeseran dan pergantian jabatan saat ini bukan hanya lewat pemilu namun, aksi dari para pemuda dapat mempengaruhi pergantian suatu jabatan.

"pemuda itu biasanya diatasnya konstitusi, karena orang pergantian melalui pemilu kadang-kadang ada pergantian kepemimpinan karena gerakan pemuda" katanya.

Dalam sejarah pun tercatat banyak aksi-aksi gerakan pemuda yang mempengaruhi pemerintahan di Indonesia baik dari jaman Orde Baru maupun Reformasi, peran pemuda tidak bisa di kesampingkan.

"terkait peran pemuda di politik itu penting sekali, karena sejarah mencatat seluruh perubahan- perubahan mulai dari orde lama sampai orde reformasi itu berawal dari gerakan-gerakan kepemudaan" ujarnya.

Rudiyanto menambahkan tidak boleh melupakan peran pemuda di era milenium saat ini, karena salah satu yang dapat mengawasi pemerintah adalah anak- anak muda yang memiliki idealisme dan nasionalisme.

"dalam konteks sekarang pemuda diera milenium ini tidak boleh dilupakan. karena pemuda itu punya jika idealisme sementara pemerintah ini harus terus dikontrol daiwasi siapa lagi yang bisa mengawasi kalau bukan anak-anak muda yang punya jiwa idealisme, patriotisme, nasionalisme" tambahnya.

oleh karena itu besarnya nya keterlibatan pemuda dalam dunia politik sangatlah diperlukan, sebagai pengamat untuk mengkritisi kebijakan- kebijakan pemerintah yang melenceng.

"karena hanya politik lah yang bisa mengubah, kalau mau mengubah harus masuk kedunia politik, kalau ada kebijakan pemerintah yang melenceng, pemuda harus hadir disitu" tutupnya


 

Penulis :

Editor :