Perusda
Bank SUlsel Bar

Bocah Gizi Buruk Takalar Butuh Uluran Tangan

Laporan Saleh sibali

1 month, 1 day ago Oleh Yusri
Bocah Gizi Buruk Takalar Butuh Uluran Tangan

KabarMakassar.com - Rayah, bocah umur 1 tahun lebih harus menderita penyakit gizi buruk kronis lantaran keterbatasan biaya. Diketahui orang tua bernama Dg Ewa (Bapak) dan Timah (Ibu) Warga Dusun Boddia, Desa Laikang, Kecamatan Manggarambong, Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan.

Mereka tidak bisa berbuat lebih untuk anaknya yang sedang mengalami penyakit gizi buruk akibat keterbatasan biaya,  dia hanya bisa meminta bantuan dan pertolongan kepada sanak, keluarga maupun tetangga sekitar rumahnya .

"Saya pernah membawa anakku kodong berobat, tapi terhenti karena kekurangan biaya pengobatan,"ungkap orang tua Rayah.

 Tidak hanya itu, saya juga pernah dilarang  salah satu pihak Rumah Sakit Takalar lantaran tidak bisa menebus biaya pengobatan yang sangat realtif mahal.

"Tidak usah berobat kalau tidak ada uang untuk berobat," Jelasnya mengikuti ucapan  salah satu dokter yang bertugas di Rumah Sakit Takalar.

 Perlu diketahu Stunting merupakan masalah gizi buruk kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu lama, umumnya lantaran konsumsi dan asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. 

Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun. Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk mengenali tanda-tanda anak mengamati stunting antara lain, anak bertubuh lebih pendek bagi anak seusianya, dalam tubuh cenderung normal namun anak tampak lebih muda dan kecil  pubertas terlambat dan kondisi tubuh buruk pada tes perhatian dan memori belajar.

Dia juga berharap Pemerintah setempat mengulurkan tangan membantu pengobatan anaknya, namun sampai saat ini belum ada juga bantuan yang datang , Pemerintah juga harus berkordinasi kepada Rumah Sakit Takalar untuk memberikan akses kepada masyarakat yang kurang mampu mengenai masalah Kesehatan.