Perusda
Bank SUlsel Bar

Danny: New Makassar Mall Awal September Mulai Ramai

on 16/8/18 Oleh Fritz Wongkar
Danny: New Makassar Mall Awal September Mulai Ramai
Pedagang Kaki Lima (PKL) Demo Tolak di Relokasi ke New Mall [KabarMakassar.com]

KabarMakassar.com -- Meski masih adanya pedagang yang menolak untuk menghuni New Makassar Malla ata gedung pasar sentral yang baru, Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menargetkan jika Agustus 2018 semua pedagang kakli lima (PKL) yang masih bertahan diluar Mall segera direlokasi, sehingga pada awal September 2018 New Mall sudah ramai dihuni pedagang.

"Semua harus masuk pada bulan Agustus ini, jika masih ada masalah lagi dengan harga, nanti masuk saja dulu kan kita juga kasih free 6 bulan sebagai kompensasi, nanti kita rundingkan lagi bagaiman baiknya"kata Danny Pomanto sapaan akrab Walikota Makassar.

Danny Pomanto mengatakan jika sudah sebagian besar para pedagang sudah masuk dan mau direlokasi untuk berdagang di New Mall Makassar. Untuk itu, Danny berharap agar semua pedagang yang masih bertahan diluar untuk masuk berdagang sembari dirundingkan persoalan harga sewa.

"Disini kami tidak ada yang melakukan gaya menggusur. Kami hanya tertibkan karena PKL yang diluar membuat arus lalulintas dijalan tersebut terhambat. Dan itu kami akan fungsikan jalan tersebut seperti biasa"kata Danny.

Untuk diketahui jika masih ada sekira 164 PKL yang masih bertahan di jalan KH Wahid Hasyim, Kota Makassar. Dimana pedagang tersebut menyebar dijalan tersebut dan enggan direlokasi ke dalam New Makassar Mall. Pasalnya harga los sewa didalam gedung tersebut belum menemui kesepakatan.

Sebanyak 164 PKL tersebut terdiri dari  86 pedagang resmi, 38 pedagang kaki lima (PK5), dan 40 pedagang tumbuh yang muncul pasca kebakaran. 

Terkait dengan alasan para pedagang PKL yang menolak direlokasi karena harga los, dimana dalam janji Walikota dan juga pengelola New Makassar Mall Rp24 juta. Namun pengelola Mall mematok harga dengan Rp115 juta per meter dan hal tersebut menurut pedagang tak sesuai sehingga menolak direlokasi.