Perusda
Bank SUlsel Bar

Prof Dwia: Fotokan Jika Lihat Dosen Merokok di Kampus

on 15/8/18 Oleh Fritz Wongkar
Prof Dwia: Fotokan Jika Lihat Dosen Merokok di Kampus
Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu. [Foto: KabarMakassar.com]

KabarMakassar.com -- Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu menegaskan jika para mahasiswa dan dosen terlihat merokok diareal kampus bakal di berikan sanksi. Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan di Penerimaan dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (P2KBN) mahasiswa baru (maba) angkatan 2018, di GOR Unhas, Selasa 14 Agustus 2018 kemarin.

Prof Dwia menjelaskan jika aturan larangan merokok sudah masuk dalam surat keputusan (SK) Rektor. Dimana Mahasiswa dan Dosen kampus Unhas diberikan sanksi jika ketahuan merokok diareal kampus. Lebih tegas jika selain mahasiswa sanksi tegas juga diberikan kepada para dosen yang merokok di kampus terbesar di Indonesia tersebut. 

"Kalau lihat dosen merokok, foto lalu kirim. Jadi kita saling kontrol mengontrol. Tentu dalam rangka penegakan disiplin  ada sanksi-sanksi. Tetapi berjenjang sanksinya,” tegas Guru Besar Sosiologi Unhas tersebut.

Ia berharap semua mahasiswa dan para dosen mengerti akan kesehatan lingkungan, untuk lebih menjaga kesehatan sekitaran kampus. Ia juga menambahkan jika lembaga pendidikan seharusnya bersih dan sehat. Sehingga tak ada calon pemimpin bangsa mengidap penyakit yang disebabkan oleh asap rokok.

Terpisah dengan Kepala Unit Humas dan Protokoler Unhas Ishaq Rahman yang membenarkan jika tidak hanya mahasiswa, para dosen pun juga mendapat sanksi jika tidak mengindahkan SK Rektor tersebut terkait larangan merokok.

"SK-nya sedang di proses di bagian Hukum, rencana Sabtu depan pencanangan secara resmi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Unhas, jadi benar jika sanksi bakal diberikan terhadap mahasiswa dan dosen merokok di areal kampus sesuai keputusan Rektor"ujar Kepala Unit Humas dan Protokoler Unhas Ishaq Rahman kepada Kabarmakassar.com, RAbu 15 Agustus 2018.

Lebih lanjut Kepala Unit Humas dan Protokoler Unhas Ishaq Rahman menjelaskan jika apa yang menjadi keputusan rektor tersebut secara resmi diberlakukan pada 18 Agustus 2018 mendatang.

"Memang secara resmi kami siapkan di tanggal 18 Agustus nanti di Unhas Day di GOR Sudiang, SK tetang aturan tersebut juga kami sampaikan disana"tutupnya.